Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 1 No. 2 (2021): Mei-Agustus 2021

KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA ONLINE DI SEKOLAH DASAR NEGERI BADAKARYA

Muhammad Husain (Unknown)
Aji Heru Muslim (Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kompetensi profesionalisme guru dalam penerapan pembelajaran tematik secara online di Sekolah Dasar Negeri Badakarya. Metode ini menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasih teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kompetensi profesionalisme guru terhadap penerapan pembelajaran tematik secara online di Sekolah Dasar Negeri Badakarya dapat dikuasai dengan baik oleh guru. Dalam penguasaan materi, struktur maupun konsep dilakukan dengan cara mempelajari panduan yang diberikan oleh dinas kabupaten dan menambah referensi dari buku, media social, dan internet. Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai proses pembelajaran, serta menggunakan internet untuk mencari referensi lain. (2) Faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran tematik secara online. Faktor penghambat dalam pembelajaran tematik secara online meliputi, tidak semua siswa memiliki gawai Andorid sehingga menghambat guru dalam memberikan pembelajaran tematik secara online, sinyal internet yang menggangu pembelajaran yang disampaikan serta evaluasi yang tidak sepunuhnya dikerjakan oleh siswa sehingga guru sulit mengetahui kemampuan siswa sejauh mana dalam memahami materi yang disampaikan. Selain faktor penghambat tentunya ada faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran tematik secara online yaitu setiap guru sudah memiliki gawai untuk proses pembelajaran tematik secara online, fasilitas sekolah yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran tematika secara online, memudahkan guru dalam mengembangkan materi, dan guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih menarik agar siswa tidak mudah bosan salah satunya penggunaan video pembelajaran sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...