Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan model pembelajaran portofolio berbasis media interaktif dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas XI SMA Negeri I Durenan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Peserta didik kelas XI SMAN 1 Durenan berjumlah 201 peserta didik sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner dengan skala likert dan guttman sebagai instrumen pengumpulan data. Sedangkan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan kemudian hasil analisis data dikonsultasikan pada kriteria yang sudah ditentukan. Ahli memvalidasi produk awal, menyatakan bahwa masih perlu perbaikan guna lebih menyempurnakan produk agar lebih menarik, jelas dan memudahkan peserta didik. Peneliti merevisi produk berdasarkan saran perbaikan yang disampaikan ahli, kemudian diujicobakan pada subyek penelitian. Analisis data penelitian ini menggambarkan bahwa pada uji coba kelompok kecil didapat rata-rata 92% dan uji coba kelompok besar didapat rata-rata 91 % maka berdasarkan hasil tersebut dan dikonsultasikan pada kriteria yang telah ditentukan maka dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran portofolio berbasis media interaktif dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Durenan.
Copyrights © 2021