cover
Contact Name
Yudi Dwi Saputra
Contact Email
yudids31@gmail.com
Phone
+6285731494080
Journal Mail Official
bravos@stkipjb.ac.id
Editorial Address
Jln. Pattimura III/20 Jombang
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Published by STKIP PGRI Jombang
ISSN : 23377674     EISSN : 2597677X     DOI : https://doi.org/10.32682/bravos
Core Subject : Education,
Bravos is a national scientific journal published by the Physical Education Department of STKIP PGRI Jombang that are open to seeking innovation, creativity, and novelty. This journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows physical education, sports education, sports recreation, sports science, and sport coaching. Bravos receives research articles from authors that can be submitted through this OJS. The script will go through a review process.
Articles 302 Documents
Survei minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran online Arsika Yunarta; Achmad Muchoiri
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 9, No 2 (2021): JUNI 2021
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v9i2.1910

Abstract

Minat belajar ialah faktor penting dalam keberhasilan belajar. Pada masa pandemi virus COVID 19 ini , minat belajar siswa mengalami suatu penurunan dikarenakan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau yang biasa disebut pembelajaran dalam jaringan, siswa melakukan suatu pembelajaran dalam jaringan dan berinteraksi dengan para guru dengan menggunakan beberapa aplikasi yang dapat di pakai seperti Google Classroom, Zoom, Google Meet dan Whatsapp Group. Penelitian ini tujuannya Mengetahui minat belajar siswa-siswi kelas X SMKN Wonosalam dalam mengikuti suatu kegiatan pembelajaran online mata pelajaran PJOK tahun ajaran 2020-2021. minat belajar itu meliputi rasa suka, perhatian, kesukaan, keterlibatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey, Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sample menggunakan observasi, wawancara dan angket sebagai data yang pendukung. Subjek yang ada dalam penelitian ini ialah menggunakan  89 siswa. Berdasarkan hasil survey dari penelitian minat belajar siswa dapat di peroleh bahwa minat Siswa SMKN Wonosalam sebanyak 89 responden yang  telah dilakukan oleh peneliti, Rasa suka dengan rata-rata 48,95 didapatkan hasil perolehan  sebanyak  (65,5%)  dengan klasifikasi prosentase tinggi , Perhatian dengan rata-rata 50,00 diperoleh dengan hasil (69,0%) dengan klasifikasi prosentase tinggi , Kesukaan dengan rata-rata 50,00 didapatkan hasil perolehan (89,6% ) dengan klasifikasi prosentase tinggi, Keterlibatan dengan rata-rata 40,07 didapatkah hasil perolehan (68,4%) dengan klasifikasi prosentase tinggi, Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi COVID-19 ini sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa,biasanya siswa merasa bosan karena tidak bertemu dengan teman dan gurunya secara langsung
PENGARUH PENGUASAAN TEKNIK MEMEGANG RAKET TERHADAP MINAT BELAJAR BULU TANGKIS PADA SISWA KELAS VI SDN MENTAOS GUDO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Suprayogi, Irawan Dwi
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 2, No 1 (2014): Artikel 1 (March)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v2i1.283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengaruh penguasaan teknik memegang raket terhadap minat belajar bulu tangkis pada siswa kelas VI SDN Mentaos Gudo Jombang tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif karena penelitian ini bersifat non ilmiah dan mengadakan perhitungan, dengan menggunakan desain korelasional untuk mengetahui adakah pengaruh penguasaan teknik memegang raket terhadapminat belajar bulu tangkis pada siswa kelas VI SDN Mentaos Gudo Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa  SDN Mentaos Gudo Jombang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan norma dari korelasi regresi linear yang tertera pada program SPSS 16. Tiap peserta didik mengisi angket dan kesempatan untuk melakukan teknik memegang raket, setelah peserta didik melakukan teknik memegang raket maka terkumpul data dan mengadakan perhitungan dengan menggunakan desain korelasional. Berdasarkan data yang telah terkumpul dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, Ditemukan F hitung sebesar 2,025 dengan sig. = 0,172. Oleh karena nilai sig. < 0,05 maka Ho (ρ = 0) ditolak yang artinya penguasaan teknik memegang raket memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar bulu tangkis. Sedangkan R = 0,318 artinya koefisien korelasinya sebesar 0,318 dan R Square = 0,101 menunjukkan angka koefisien determinasinya (R2). Artinya variansi dalam minat belajar bulu tangkis adalah sebesar 10,1 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan teknik memegang raket berpengaruh terhadap minat belajar bulu tangkis pada siswa  kelas VI SDN Mentaos Gudo Jombang tahun pelajaran 2013/2014.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLABASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS X-1 SMK DARUL’ULUM PETERONGAN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Santoso, Eko Yudi
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 1, No 3 (2013): Artikel 1 (September)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v1i3.299

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar shooting bolabasket peserta didik melalui penerapan media pembelajaran audio visual.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMK Darul’ulum Peterongan Jombang Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 28 orang yang terdiri atas 28 siswa putra. Teknik pengumpulan dengan observasi dan penilaian hasil belajar shooting bolabasket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai presentase ketuntasan klasikalpeserta didik tuntas yang semula 14,82% naik menjadi 53.,57% di siklus I, sedangkan presentase klasikal peserta didik yang tidak tuntas yang awalnya 85,71% turunmenjadi 46,42% disiklus I. Nilai presentase ketuntasan klasikal siklus I peserta didik tuntas yang semula 53,57% naik menjadi 96,43% di siklus II, sedangkan presentaseklasikal siklus I peserta didik yang tidak tuntas yang awalnya 46,42% turun menjadi 3,57% disiklus II. Dari prosentase ketuntasan klasikal peserta didik yang tuntas dariprasiklus ke siklus I naik sebesar 39,29%, sedangkan dari siklus I ke siklus II naik sebesar 42,86%. Total kenaikan prosentase ketuntasan klasikal dari prasiklus ke siklusII sebesar 82,15%. Sehingga simpulan yang diperoleh adalah melalui penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar shooting bolabasket pada peserta didikkelas X-1 SMK Darul’ulum Peterongan Jombang tahun pelajaran 2013/2014.
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI LATIHAN DAN KEMAMPUAN MENENDANG BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKUSARI Setiawan, Donny
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 5, No 4 (2017): DESEMBER 2017
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v5i4.635

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1), motivasi latihan dengan kemampuan menendang menggunakan kaki bagian dalam, 2) motivasi latihan dengan kemampuan menendang menggunakan punggung kaki, dan 3) interaksi antara motivasi latihan dengan kemampuan menendang bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas VIII SMPN 1 Pakusari. Subjekpenelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Pakusari Tahun 2012yang berjumlah sebanyak 40 orang yang diambil secara acak setiap kelas. Adapun metode yang digunakan dalam menentukan responden menggunakanproportional random sampling.Sedangkan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan metode interview, metode angket, metode tes pengukuran, dengan tingkat vaiditas tes 0.950. Dapat disimpulkan: 1) hasil analisa dengan hasil perhitungan SPSS N = 40 dalam tabel = 0.432 dengan TS. 5 %, hasil statistik 0.002>0.312. Berarti “ada hubungan antara motivasi latihan dengankemampuan menendang menggunakan kaki bagian dalam,2) hasil analisa dengan hasil perhitungan spssN = 40 dalam tabel = 0.432 dengan TS. 5 %, hasil statistik0.012>0.05.Berarti “ada hubungan antara motivasi latihan dengankemampuan menendang menggunakan punggung kaki, 3) ada interaksi antara motivasi latihan dengan kemampuan menendang bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas VIII SMPN 1 Pakusari, dengan hasil interaksi 0.004 < 0.05.
PENGARUH PELATIHAN LEG PRESS DAN SITTING CALF TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN DAN POWER OTOT TUNGKAI Arisetiawan, Rachlai Eko
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 4, No 4 (2016): Artikel 1
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v4i4.413

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh peningkatan pelatihan leg press terhadap peningkatan kekuatan dan power otot tungkai, 2) pengaruh peningkatan pelatihan sitting calf terhadap peningkatan kekuatan  dan power otot tungkai, 3) perbedaan pengaruh antara pelatihan leg press dan sitting calf terhadap peningkatan kekuatan dan power otot tungkai. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa putra Ilmu Keolahragaan Unesa angkatan tahun 2013 berusia 18-22 tahun yang berjumlah sebanyak 30 orang yang terbagi menjadi 3 kelompok (latihan leg press, latihan sitting calf, dan kontrol) dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 10 orang. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik komparatif dengan uji Multivariate Analysis of Varians (Manova), sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes pengukuran kekuatan otot tungkai dengan menggunakan alat back and leg dynamometer serta pengukuran power otot tungkai menggunakan alat force palte. Berdasarkan analisis deskriptif, uji t Paired, uji Manova, serta uji post-hoc dengan LSD, maka dapat disimpulkan: (1) Pelatihan leg press memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan strength dan power otot tungkai. Latihan leg prss menghasilkan peningkatan rata-rata strenght otot tungkai sebesar 25,25 kg (22,36%) dan peningkatan power otot tungkai sebesar 17,44 watt (20,69%). (2) Pelatihan sitting calf memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan strength dan power otot tungkai. Latihan sitting calf menghasilkan peningkatan rata-rata strength otot tungkai sebesar 19,70 kg (15,15%) dan peningkatan power otot tungkai sebesar 11,10 watt (14,52%). (3) Latihan leg press secara signifikan memberikan pengaruh yang lebih besar daripada latihan sitting calf  terhadap peningkatan strength  dan power otot tungkai (dengan selisih peningkatan strength sebesar 5,550 kg dan peningkatan power sebesar 6,340 watt).
PENGARUH PEMBERIAN SUPLEMEN GLUTAMIN TERHADAP PENGURANGAN KELELAHAN OTOT SETELAH LATIHAN EKSENTRIK Rusdiawan, Afif; Taufikkurrachman, Taufikkurrachman
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 6, No 4 (2018): DESEMBER 2018
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v6i4.930

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Membuktikan pengaruh pemberian suplemen glutamin terhadap pengurangan kelelahan otot setelah aktivitas eksentrik yang dilihat berdasarkan kekuatan otot dan ROM sendi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PJKR IKIP Budi Utomo yang dibagi secara acak ke dalam dua kelompok, 22 orang coba kelompok kontrol dan 22 orang coba kelompok perlakuan. Desain penelitian ini adalah randomized group pretest and posttest design. Aktivitas eksentrik yang dilakukan adalah aktivitas Drop Jumps pada bangku dengan ketinggian 0.5 meter. Pemberian glutamin dilakukan secara oral setelah aktivitas eksentrik dengan dosis 0,4 gram/Kg BB dalam 450 ml air mineral sebanyak 3 kali pemberian (3 hari). Pengukuran kekuatan otot tungkai menggunakan back and leg dynamometer sedangkan pengukuran ROM menggunakan alat goniometer. Hasil pengukuran didapatkan rerata kekuatan otot tungkai kelompok kontrol 63,7 ± 17,0 kg dan kelompok perlakuan 81,1 ± 17,0 kg pada jam 72. Sedangkan hasil pengukuran ROM didapatkan rerata kelompok kontrol 124,3 ± 3,2 derajat dan kelompok perlakuan 131,7 ± 4,1 derajat pada jam 72. Analisis menunjukkan bahwa pemberian glutamin pada kelompok perlakuan dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai dengan nilai p = 0,000, dan juga dapat meningkatkan ROM sendi lutut dengan nilai p = 0,000 jam ke 72 setelah aktivitas eksentrik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian glutamin sebesar 0,4 gram/kg BB/hari dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai dan ROM sendi lutut pada jam ke 72 setelah aktivitas eksentrik.
HUBUNGAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI Saputra, Yudi Dwi
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 5, No 1 (2017): MARET 2017
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v5i1.419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani dan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi atau hubungan. Pengumpulan data menggunakan angket efikasi diri sebagai instrumennya dan digunakan untuk mengukur efikasi diri sedangkan Untuk prestasi belajar pendidikan jasmani dan kesehatan menggunakan indeks prestasi komulatif sementara dari peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh koefisien korelasi positif sebesar r = 0,695. Nilai positif pada koefisien korelasi menunjukkan bahwa terjadi hubungan searah antara efikasi diri terhadap prestasi belajar penjaskes, artinya efikasi diri peserta didik tinggi maka tinggi pula tingkat prestasi belajar penjaskesnya atau jika nilai efikasi dirinya rendah maka rendah pula tingkat prestasi belajar penjaskesnya. Selanjutnya, berdasarkan nilai signifikansi 0,326 (p>0,05) menunjukkan dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani dan kesehatan.
UJI PERBANDINGAN KARAKTERISTIK KOEFISIEN RESTITUSI (COR) BEBERAPA PRODUK RAKET BULUTANGKIS Triaiditya, Bayu Septa Martaviano; Santoso, Danang Ari; Rubiono, Gatut
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 7, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v7i3.1327

Abstract

Raket merupakan faktor penting dalam olahraga bulutangkis. Pengembangan desain dan material menghasilkan berbagai merk produk di pasaran. Karakteristik produk sangat penting diketahui sebagai bahan pertimbangan pemilihan raket. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji perbandingan karakteristik koefisien restitusi beberapa produk raket bulutangkis. Penelitian dilakukan dengan cara eksperimen. Raket yang digunakan sejumlah 4 (empat) merk dengan inisial D, K, H dan Y. Ketegangan senar dikondisikan sebesar 25 lbs. Shuttlecock dijatuhkan dari ketinggian 100 cm. Pengambilan data dilakukan sebanyak 5 (lima) kali untuk penghitungan nilai rata-rata. Pengambilan datajuga dilakukan pengamatan dengan kamera. Hasil pengambilan data diolah dengan sotfware Kinovea 0.8.15 untuk mendapatkan nilai tinggi pantulan. Selanjutnya dilakukan perhitungan nilai koefisien tumbukan (koefisien restitusi - COR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi pantulan dan nilai koefisien tumbukan setiap jenis raket relatif berbeda yang disebabkan karena perbedaan ukuran bidang pantulan raket.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEKDENGAN PENDEKATAN PERMAINAN PETANI DAN KANCIL Fudin, Muhammad Soleh
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 4, No 1 (2016): Artikel 1 (March)
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v4i1.235

Abstract

Mengimplikasikan pendekatan permainan yaitu permainan petani dan kancil dalam pembelajaran lari jarak pendek salah satu cara meningkatkan karakter siswa dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 3 siklus masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan software SPSS 21, diperoleh hasil 1) hasil belajar siswa (lari jarak pendek) dari siklus I sampai siklus III meningkat 0,29889 meter/detik; 2) ketuntasan kelas, pada siklus I nilai rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 72%, pada siklus II nilai rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 84% dan pada siklus III nilai rata-rata 71,67 dan ketuntasan kelas 89%; 3) Karakter siswa dalam pembelajaran secara klasikal mencapai motivasi 90% berarti tingkat motivasi tinggi, kerjasama 81% berarti tingkat kerjasama cukup tinggi, sportifitas 93% berarti tingkat sportifitas tinggi. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pendekatan permainan petani dan kancil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari jarak pendek.
PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI 7 KABUPATEN JOMBANG Arif, Achmad Samsul; Prasetyo, Guntum Budi
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 8, No 1 (2020): MARET 2020
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v8i1.1502

Abstract

AbstrakTujuan peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil kemampuan passing bolavoli studi pada siswa X MAN 7 Kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 MAN  7 Jombang, sampel penelitian adalah siswa kelas X dengan  jumlah  36 siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa kelas X IPA 4 MAN 7 Jombang setelah diberikan treatment gaya mengajar resiprokal, diperoleh hasil uji beda paired test sebesar 0,00 atau lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil gaya mengajar resiprokal terhadap kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas X  MAN  7 Jombang. Besarnya pengaruh gaya mengajar resiprokal  terhadap hasil kemampuan siswa pada materi passing bawah dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh yaitu sebesar 38,67 %, dikarenakan peningkatan rata-rata  kemampuan nilai passing bawah sebesar 13,75.Kata kunci:  gaya mengajar resiprokal, passing bawah, bolavoli

Page 1 of 31 | Total Record : 302


Filter by Year

2013 2023