Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Pengaruh Digital Leadership dan Digital Collaboration terhadap Digital Skill Semasa COVID-19

Nopriadi Saputra ((Scopus ID: 57204048565), Binus Business School, Universitas Bina Nusantara)
Riant Nugroho (Rumah Reformasi Kebijakan)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Ketidaksetaraan dalam hal digital skill menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi organisasi baik perusahaan maupun pemerintahan untuk menjamin produktivitas dan efektivitas dalam work from home semasa Covid-19. Pengembangan digital skill menjadi faktor penting yang coba dibahas pada artikel ini.  Apakah digital skill dari pegawai yang melakukan WFH itu lebih dipengaruhi oleh digital leadership dari supervisornya ataukah oleh digital collaboration yang mereka lakukan dalam tim kerja? Riset empiris yang bersifat cross sectional dan melibatkan 824 pekerja kantoran 32 propinsi di Indonesia sebagai responden. Pengumpulan data mengunakan online-questionnaire dengan pendekatan convenience dan snowballing sebagai sampling method. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan structural equation modelling yang berbasis partial least square dalam format first order constructs. Hasil pengujian hipotesis secara statistik menjelaskan bahwa digital skill dipengaruhi secara signifikan oleh digital collaboration dan digital collaboration dipengaruhi oleh digital leadership. Digital leadership berpengaruh tidak langsung terhadap digital skill. Kepemimpinan supervisor selama melewati masa COVID-19 sebaiknya lebih diarahkan untuk mendorong berkembanganya digital collaboration sehingga melalui hal tersebut berkembanglah digital skill.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...