Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 1 No. 03 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Agustus 2021

Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Kesadaran Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 4 Wangi-Wangi

zamsir Zamsir (Universitas Halu Oleo)
Rahmad Prajono (Universitas Halu Oleo)
Siti M. Sari (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi belajar dan persepsi kesadaran metakognisi baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 4 Wangi-Wangi. Metode penelitian yaitu ex post facto. Sampel yang diambil sebanyak 44 dari 80 siswa. Data motivasi belajar dan persepsi kesadaran metakognisi dikumpulkan dengan cara memberikan angket sedangkan data hasil belajar matematika siswa berupa nilai Ulangan Matematika Wajib Semester Ganjil Kelas XI tahun pelajaran 2020/2021. Secara umum tingkat motivasi belajar siswa mencapai 70% yaitu kriteria tinggi, persepsi kesadaran metakognisi siswa mencapai 72% yaitu  dalam  kriteria baik, nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 4 Wangi-Wangi 74,14. Hasil analisis regresi diperoleh kesimpulan motivasi belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar, persepsi kesadaran metakognisi  tidak mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar, dan motivasi belajar dan persepsi kesadaran metakognisi secara bersama-sama tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...