JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Vol 2, No 8 (2021)

Pemanfaatan Media Permainan Ular Tangga Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Prestasi Siswa

Florentina Endang Suparniyatun (SMA Negeri 1 Nekamese)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Pemilihan media yang kurang tepat sering dialami oleh guru, sehingga berdampak pada prestasi siswa. Selain harus jeli terhadap lingkungan siswa belajar, guru juga harus memiliki keterampilan tertentu dalam menyediakan media pembelajaran. Seringkali guru melihat jauh yang belum tentu menemukan apa yang dibutuhkan. Untuk itu penulis mencoba memanfaatkan permainan tradisional yang kemudian dijadikan media pembelajaran, yaitu permainan Ular Tangga. Penulis menamai media permainan Ular Tangga Pembelajaran Sejarah. Penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan media permainan Ular Tangga Pembelajaran Sejarah mampu meningkatkan prestasi siswa. Partisipan penelitian ini adalah 32 siswa pada kelas X-Program Ilmu-Ilmu Sosial pada SMA Negeri 1 Nekamese Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada materi “perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia masa Hindhu-Budha”. Tingkat keberhasilan pra siklus adalah 59,38% dan pada siklus I adalah 75,00% mengalami kenaikan 15,62%. Pembelajaran pada siklus II tingkat keberhasilan mencapai 87,50. Jika dibandingkan keberhasilan pada siklus I, terdapat peningkatan sebesar 12,50 di siklus II. Dengan demikian media permainan Ular Tangga Pembelajaran Sejarah mampu dan terbukti meningkatkan prestasi siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan ...