cover
Contact Name
Teguh Arie Sandy
Contact Email
penjualide@gmail.com
Phone
+6285232777747
Journal Mail Official
jira@ahlimedia.com
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig, Gang Kaserin MU No.36 Malang 65138
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik
Published by Ahlimedia Press
ISSN : 27456056     EISSN : 27457036     DOI : https://doi.org/10.47387/jira.v1i1
JIRA merupakan Jurnal dengan lingkup Kegiatan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Lesson Study, Pengembangan Media Pendidikan dan Pemanfaatan Teknologi Terkini. Mendapatkan naskah penelitian bidang Pendidikan, terkait dengan: - Penelitian Tindakan Kelas & Lesson Study - Riset Kualitatif dan Kuantitatif - Studi Pendidikan dan Studi Literasi - Pengembangan Media Pembelajaran - Pemanfaatan TIK & Teknologi Terkini
Articles 215 Documents
PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI NORMA DAN KEADILAN Elvira Nurini Hidayat
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 3 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i3.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir Kabupaten Malang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran PPKn pada materi norma dan keadilan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir yang berdasarkan pengamatan peneliti mempunyai nilai yang paling rendah dibandingkan kelas yang lain dalam hal partisipasi aktif dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi partisipasi aktif dan nilai rata-rata kelas mengunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi peningkatan partisipasi aktif belajar siswa pada siklus II. Pada Siklus I siswa yang memenuhi kriteria minimum pemenuhan partisipasi aktif yaitu nilai minimum 70 sebanyak 20 siswa (62% jumlah siswa keseluruhan). Pada Siklus II terdapat kenaikan jumlah siswa yang memenuhi kriteria minimum pemenuhan partisipasi aktif yaitu nilai minimum 70 sebanyak 27 siswa (84% jumlah siswa keseluruhan). Untuk hasil belajar, nilai rata-rata pada Siklus I sebesar 78,59 naik menjadi 81,72 pada Siklus II. Berdasarkan ketuntasan klasikal, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal nilai 75, dimana untuk Siklus I sebanyak 24 siswa (75% jumlah siswa keseluruhan) memenuhi ketuntasan hasil belajar, meningkat pada Siklus II menjadi 30 siswa (94% dari jumlah siswa keseluruhan). Karena ketuntasan klasikal sudah tercapai dan partisipasi aktif siswa meningkat maka penelitian dihentikan sampai Siklus II. Berdasarkan hasil observasi partisipasi aktif dan nilai hasil belajar siswa tiap akhir siklus, didapatkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wagir Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 pada pembelajaran PPKn materi norma dan keadilan.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS PIWULANG PUPUH SINOM DENGAN METODE KOREMOR PADA SISWA SMP Mrs. Suminarsih
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 5 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i5.133

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran menelaah teks Piwulang Pupuh Sinom menggunakan metode Koremor untuk siswa SMP dan Meningkatkan kemampuan menelaah teks Piwulang Pupuh Sinom dengan metode Koremor untuk siswa SMP. Untuk tempat penelitiannya di SMPN 1 Gabus. Adapun pelaksanaan penelitian yaitu di bulan Februari 2020 sampai dengan bulan April 2020. Adapun Subjek penelitian yakni siswa kelas VII. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi serta tes tertulis. Sedangkan untuk analisis data mengguankan teknik deskriptif kualitatif dan komparatif. Setelah dilaksanakan menggunakan dengan metode Koremor, proses pembelajaran menelaah teks Piwulang Pupuh Sinom meningkat menjadi baik. Kedisiplinan, keaktifan, semangat kerja sama, rasa percaya diri dan tanggung jawab siswa menjadi lebih baik. Persentase hasil observasi terhadap sikap siswa selama proses pembelajaran di kegiatan prasiklus sebesar 64%, untuk pelaksanaan di siklus I sebesar 74% dan di siklus II meningkat menjadi 89%. Hasil belajar berupa kemampuan menelaah teks Piwulang Pupuh Sinom pada siswa SMP meningkat. Pada pelaksanaan prasiklus siswa yang tuntas belajar ada 20 siswa atau sebesar 63%, pada pelaksanaan siklus I ada 23 siswa atau sebesar 72%, dan pada pelaksanaan siklus II ada 29 siswa atau sebesar 91%.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP BERBASIS INTERNET MELALUI PELATIHAN GOOGLE FORM PADA GURU MADRASAH ALIYAH Aning Wulandari
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i1.27

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun instrumen penilaian sikap berbasis internet melalui pelatihan google form pada guru Madrasah Aliyah kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan sekolah dengan  subjek penelitian sebanyak 27 orang dari 9 madrasah binaan. Jenis data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari hasil angket respon guru, lembar observasi, supervisi akademik dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan skor hasil pengamatan sebesar 13,33%, sehingga meningkat dari predikat menyenangkan menjadi sangat menyenangkan. Terjadi peningkatan respon guru sebesar 25,93%. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan google form siklus kedua lebih menarik sehingga meningkatkan antusias guru. Terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian sikap berbasis internet dengan menggunakan google form. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil supervisi akademik sebesar 25,93%, yaitu guru yang mendapatkan predikat minimal BAIK meningkat menjadi 100% guru mendapatkan predikat minimal BAIK. The purpose of this study was to determine the increase in the ability to develop internet-based attitude assessment instruments through google form training for Madrasah Aliyah teachers in Bojonegoro district for the 2019/2020 school year. This study used a school action research design with 27 research subjects from 9 fostered madrasas. This type of research data is in the form of quantitative data and qualitative data obtained from the results of teacher response questionnaires, observation sheets, academic supervision and documentation. Based on the research results, there was an increase in the observed score of 13.33%, so that it increased from the predicate of fun to being very pleasant. There was an increase in teacher responses by 25.93%. This shows that the second cycle of google form training is more attractive, thereby increasing teacher enthusiasm. There is an increase in the ability of teachers in developing internet-based attitude assessment instruments using google form. This is evident from the increase in the results of academic supervision by 25.93%, that is, teachers who get a minimum predicate of GOOD increase to 100% of teachers who get a minimum predicate of GOOD.
Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kunjungan Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mr. Sugiyono
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 7 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i7.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur optimalisasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) oleh guru SD dengan kunjungan rumah melalui supervisi akademik pengawas sekolah di lingkungan kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Pembelajaran jarak jauh di Kecamatan Brangsong diduga banyak mengalami hambatan. Hambatan tersebut antara lain hambatan kemampuan dan ketaktersediaan perangkat, yaitu hp bagi peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut guru melakukan solusi, yaitu kunjungan rumah. Seberapa jauh keberhasilan kunjungan rumah untuk keberhasilan PJJ di masa pandemi? Pengawas sekolah melaksanakan supervisi akademik untuk melakukan pemantauan dan pemberian motivasi agar guru SD tetap bersemangat melaksanakan PJJ selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alur penelitian tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru di dabin 3 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Pengambilan data dilakukan bulan Agustus–September 2020 melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data tiap siklus dikonsultasikan dalam deskriptif persentase (%) dengan ketercapaian indikator kinerja 85% dan kriteria sangat baik. Perolehan rata-rata hasil penelitian siklus I sebesar 3,1 tingkat ketercapaian 78,21% kategori baik menjadi 3,52 dengan tingkat ketercapaian 88,57% pada siklus II kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepada guru dapat mengoptimalkan pelaksanaan PJJ kunjungan rumah di masa pandemi covid-19. Pengawasan dan motivasi kepada guru sangat menentukan keberhasilan PJJ kunjungan rumah, baik secara individu maupun kelompok kecil.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING Mrs. Komariyah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 4 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i4.60

Abstract

Tujuan penelitian ini memaparkan peningkatan hasil pembelajaran Aqidah Akhlak melalui pendekatan problem based learning.Pendekatan problem based learning dianggap mampu membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Dengan demikian, hasil belajar siswa dalam pembelajaran tersebut bisa mengalami peningkatan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada pendekatan spiral, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan pemikiran kembali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan dalam aktivitas listening dari 86% menjadi 88%, oral dari 45% menjadi 61%, emotional dari 65% menjadi 84%, visual dari 35% menjadi 78%, writing dari 65% menjadi 73%, motor dari 39% menjadi 69%, dan mental dari 66% menjadi 68%. The purpose of this study is to describe the improvement of Aqidah Akhlak learning outcomes through a problem based learning approach. The problem based learning approach is considered capable of making students more active in class learning. Thus, student learning outcomes in learning can experience an increase. This research method is Classroom Action Research (PTK) which refers to the spiral approach, namely planning, implementing, observing, and rethinking. The subjects of this study were students in grade V. The results showed an increase in listening activity from 86% to 88%, oral from 45% to 61%, emotional from 65% to 84%, visual from 35% to 78%, writing from 65 % to 73%, motoric from 39% to 69%, and mental from 66% to 68%.
PENGEMBANGAN MEDIA PROVIDTER UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SMK KELAS XI PETERNAKAN Sri Wahyuningsih
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i2.89

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui proses pengembangan media providter yang valid dan keefektifan penggunaan media providter dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris (speaking). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang didasarkan pada teori dari Sivasailam Thiagarajan yang dikenal dengan teori 4 D. Teori ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahapan Define (pendifinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini yaitu media pembelajaran providter yang diterapkan peserta didik kelas XI program keahlian Agribisnis Ternak Ruminansia (ATRm) yang sedang melaksanakan PKL (prakerin). Hasil penerapan media providter ini menunjukkan bahwa media ini dapat membantu peserta didik untuk meningktkan keterampilan berbicara mereka terutama pada materi teks prosedur untuk jurusan ATRm. Kekurangan media ini apabila terkena virus maka harus melakukan penginstalan ulang karena ada beberapa file yang hilang dan untuk beberapa file memerlukan jaringan internet yang memungkinkan peserta didik tidak dapat mengaksesnya apabila ada ganguan jaringan internet.
ANALYSIS CURIOSITY AND ANALOGY ABILITIES OF COLLEGE STUDENT REVIEWED FROM A SCIENTIFIC APPROACH AT THE UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH BONE A. St. Aisyah Nur; Anwar Ramli; Mrs. Inanna; Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar; A. M. Irfan Taufan Asfar; Mrs. Ernawati
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 5 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i5.122

Abstract

Curiosity is an attitude and action that always tries to find out more deeply and broadly from something that is learned. Meanwhile, analogy is a thought process to draw conclusions based on similar processes or data. This is inversely proportional to the reality in the field based on the observations of researchers at University of Muhammadiyah Bone, researchers see that the curiosity and analogy skills of college student in the economic learning process are still classified as very low. Lecturers can strive for learning by using innovative, effective and creative learning, which can provide opportunities and encourage college student to have high curiosity in order to practice their analogical reasoning skills. In connection with this, the efforts made by researchers to build curiosity and analogy skills of college student in economic learning, namely the need for a scientific approach or a scientific process-based approach which is the organization of learning experiences in a logical order including the learning process by observing, questioning, collecting information, reason (associate) and communicate. The type of research used is quantitative research using experimental quantitative methods. The research design used, namely Quasi Experimental Design with the form of Non-equivalent Control Group Design. The results of this study are proven by the results of the analysis of the recapitulation of the student's analogy ability test which can be seen in the average final test in the experimental class, which is 7,621 and the initial test reaches a value of 6,961. While the results of the final test recapitulation of the analogy ability of college student in the control class reached a value of 6,276 while the initial test results reached a value of 7.5. While the results of student responses are in the valid and reliable category.
KARTU PINTAR UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BERPIDATO PERSUASIF KELAS IX SMP NEGERI 1 SUKAPURA KABUPATEN PROBOLINGGO Ms. Srianah
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan  prestasi Belajar Menulis Teks Pidato Persuasif Kelas IX dengan media Kartu Pintar  pada SMP Negeri 1 Sukapura Kabupaten Probolinggo. Kartu pintar diterapkan dalam pembelajaran menulis teks pidato persuasif dan hasilnya dapat memudahkan siswa dalam menyerap materi pembelajaran menulis pidato persuasif. Subjek  penelitian  ini  adalah  Peserta  didik kelas IXA  berjumlah  26  orang. Metode yang digunakan adalah penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  atau  Classroom Action  Research  (CAR)  yang  dilakukan  secara  kolaboratif.  This study aims to describe the improvement in the learning achievement of Class IX Persuasive Speech Text Writing with Smart Card media at SMP Negeri 1 Sukapura, Probolinggo Regency. Smart cards are applied in learning to write persuasive speech text and the results can make it easier for students to absorb persuasive speech writing learning material. The subjects of this study were 26 students of class IXA. The method used is classroom action research (CAR) which is carried out collaboratively.
Penggunaan Laboratorium Virtual Phet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Mr. Arifudin
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 2, No 6 (2021)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v2i6.174

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar materi Listrik Arus Searah melalui penggunaan laboratorium virtual PhET di SMAN 1 Amuntai pada bulan Juli-Agustus 2020. Metode   penelitian  terdiri dari empat tahap setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari LKS praktikum dengan laboratorium virtual dan tugas pada tiap akhir pertemuan. Hasil penelitian mengungkapkan penggunaan laboratorium virtual PhET pada pembelajaran daring dengan Google Classroom berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, baik pada aspek pengetahuan ataupun ketrampilan. Pada aspek pengetahuan,   rata-rata siswa meningkat. Pada siklus I dari nilai rata-rata siswa 78 dana pada siklus II menjadi 85. Pada aspek ketrampilan menggunakan LKS praktikum laboratorium PhET nilai rata-rata siswa juga meningkat, pada siklus I mencapai 81, dan pada siklus II menjadi 87. Ketuntasan klasikal pada siklus I 82% dan meningkat menjadi 94% pada siklus II.
COVER AND PREFACE VOL.1 NO.3 2020 Admin Ahlimedia
JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : Ahlimedia Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47387/jira.v1i3.51

Abstract

Page 1 of 22 | Total Record : 215