Jurnal Teknologi
Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Teknologi

PENGARUH METANOL DAN ETANOL TERHADAP SIFAT PENGUAPAN BENSIN RON 92: PENGUKURAN TEKANAN UAP DENGAN METODE REID DAN DRY

Nurmajid Abdurrojaq (Program Studi Teknik Kimia, Universitas Jayabaya)
Kemal Ginanjar (Program Studi Teknik Kimia, Universitas Jayabaya)
Wahyu Nur Hidayat (Program Studi Teknik Kimia, Universitas Jayabaya)
Gian Akmal Adwitiya (Program Studi Teknik Kimia, Universitas Jayabaya)
Rizal Zaelani (Program Studi Teknik Kimia, Universitas Jayabaya)
Riesta Anggarani (Program Studi Teknik Kimia, Universitas Jayabaya)
Cahyo Setyo Wibowo (Program Studi Teknik Kimia, Universitas Jayabaya)
Nur Alif Fathurrahman (Program Studi Teknik Kimia, Universitas Jayabaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Tekanan uap merupakan salah satu parameter penting dari bahan bakar minyak jenis bensin yang menentukan kualitas bahan bakar, sifat penyalaan mesin, hingga faktor keamanan. Penelitian ini menyajikan sifat penguapan bahan bakar jenis bensin yang dipengaruh oleh campuran alkohol jenis metanol dan etanol. Tiga metode standar untuk pengujian tekanan uap digunakan pada penelitian ini, meliputi ASTM D323, D4953, dan D5191. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metanol dan etanol pada konsentrasi rendah (< 20%-volume) menghasilkan peningkatan tekanan uap bensin, meskipun tekanan uap metanol dan etanol lebih rendah dari bensin.  Hal tersebut mengindikasikan adanya kesetimbangan uap-cair yang berubah ketika bensin dicampurkan dengan alkohol, sehingga bahan bakar cenderung berubah wujud menjadi uap pada suhu pengujian 37,8 oC. Interaksi tersebut menyebabkan pengukuran tekanan uap campuran bensin-alkohol dengan metode ASTM D323 menjadi tidak akurat. Senyawa oksigenat yang bertanggung jawab terhadap interaksi ikatan hidrogen lebih mudah berinteraksi dengan air, menyebabkan keterbatasan pada ruang lingkup metode ASTM D323 untuk pengukuran campuran bensin dan alkohol (oksigenat). Alhasil metode yang diperuntukkan untuk analisis tekanan uap campuran bensin-alkohol adalah metode dry vapor pada ASTM D4953 dengan meminimalisir penggunaan air dan kelembapan dari kondisi pengujian. Hasil pengukuran tekanan uap campuran bensin-alkohol dari ASTM D4953 menunjukkan kesesuaian dengan ASTM D5191. Perbedaan yang dihasilkan dari kedua metode tersebut terhadap tekanan uap campuran bensin-alkohol sebesar 0,8-2,6 kPa (lebih rendah dibandingkan dengan nilai reprodusibilitas metode uji).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTek

Publisher

Subject

Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Teknologi merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala 2 kali setahun oleh Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya. Sejak pertamakali dipublikasikan tahun 2010, Jurnal Teknologi telah terbit sebanyak 10 kali. Ruang lingkup dari jurnal teknologi adalah perancangan Alat dan ...