Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Bima

Amran Amran (STKIP Bima)
Nehru Nehru (STKIP Bima)
Olahairullah Olahairullah (STKIP Bima)
Erni Suryani (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatan hasil belajar siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Bima.  Penelitian dilakukan di MTs Muhammadiyah Kota Bima, subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII sebanyak 30 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh pembelajaran yang berlangsung pada siklus I belum mencapai indikator kerja yang telah ditentukan sebelumnya yaitu ketuntasan belajar siswa baru  mencapai ketuntasan klasikal sebesar 66,17%, pada siklus II juga belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu 73,50%, pada siklus III telah memenuhi ketuntasan klasikal sebesar  88,50%. Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa yang baik terhadap implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Bima

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...