Psikoislamedia : Jurnal Psikologi
Vol 6, No 1 (2021): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI

HUBUNGAN_RELIGIUSITAS DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF DALAM BELANJA ONLINE PADA PEREMPUAN YANG BEKERJA DI BANDA ACEH

Rahma Syahira (Universitas Syiah Kuala)
Khatijatusshalihah Khatijatusshalihah (Universitas Syiah Kuala)
Risana Rachmatan (Universitas Syiah Kuala)
Afriani Afriani (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Perkembangan teknologi membuat banyak hal menjadi lebih mudah termasuk dalam hal jual-beli yang mulai beralih secara online. Kemudahan ini sering kali membuat individu menjadi impulsif dalam membelanjakan uangnya. Namun, ada salah satu faktor yang dapat menahan individu untuk tidak menjadi impulsif, yaitu religiusitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian sebanyak 345 perempuan yang bekerja atau memiliki penghasilan di Banda Aceh. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Muslim Daily Religiosity Assesment Scale (MUDRAS) yang dikembangkan oleh Olufadi (2016) dan Impulsive Buying Tendency yang dikembangkan oleh Verplanken Herabadi (2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diterimanya hipotesis pada penelitian ini, karena terdapat hubungan yang negatif dengan nilai korelasi (r)=-0,133 dan signifikan dengan nilai (p)=0,014 antara religiusitas dengan perilaku impulsif dalam belanja online, artinya adalah semakin tinggi tingkat religiusitas individu maka akan semakin rendah pembelian impulsifnya, begitu pula sebaliknya.

Copyrights © 2021