Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 1 (2010): Volume 2 Nomor 1 Edisi Januari 2010

Otonomi dan Pemberdayaan : Refleksi Pendidikan Bagi Pemberdayaan Perempuan

M. Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2012

Abstract

Perubahan-perubahan perilaku perempuan dimediasi oleh akuisisi mereka terhadap otonomi (kemandirian). Sementara otonomi-diri atau keberdayaan perempuan pada umumnya dikondisikan oleh stratifikasi gender dan otoritas patriarkal mayarakat di mana mereka tinggal, ternyata pendidikan juga dapat meningkatkan kemandirian/keberdayaan perempuan. Jejeebhoy (l996) menandaskan bahwa ada lima aspek kemandirian perempuan yang saling bergantung antara satu dengan yang lainnya, khususnya yang dipengaruhi oleh pendidikan, yaitu: otonomi pengetahuan, otonomi dalam membuat-keputusan, otonomi fisik, otonomi emosional, otonomi ekonomi dan sosial dan percaya-diri. Meskipun teori-teori belajar sosial dapat membantu menjelaskan hubungan antara persekolahan dan perubahan perilaku, namun sekolah bukanlah satu-satunya lingkungan (setting) dimana individu dapat mengamati perilaku-perilaku baru dan memdapatkan sense of self-efficacy yang dibutuhkan untuk mengadopsi perilaku-perilaku baru tersebut. Kata-kata Kunci: autonomy (keberdayaan), empowering (pemberdayaan)

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...