Fenomena bullying merupakan suatu permasalahan umum yang dapat dijumpai di banyak tempat, salah satunya adalah di lingkungan sekolah. Namun terkadang pihak yang idealnya berperan penting untuk merespon dan mencegah tejadinya fenomena bullying di sekolah bersikap acuh tidak acuh, tidak memahami ataupun mampu untuk mengambil tindakan yang tepat. Program Psikoedukasi bullying diberikan kepada 20 guru di Sekolah Swasta Hang Kesturi Medan dengan harapan dapat meningkatkan efikasi guru dalam menghadapi bullying siswa-siswi di Sekolah Hang Kesturi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian yag diperoleh adalah guru Hang Kesturi memiliki self-efficacy yang rendah dan adanya peningkatan self-efficacy setelah guru Sekolah Hang Kesturi diberi psikoedukasi tentang bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dan sesudah diberikan pelatihan adanya perbedaan self efficacy (t tabel ≤ t hitung = 2,101 ≤ 5,596; Sig (2-tailed)<0,05 = 0,000 < 0,05). Disarankan agar kegiatan psikoedukasi bullying dapat dilakukan secara berkala.
Copyrights © 0000