Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 2 (2021): Edisi Maret 2021

NEUROLINGUISTIK: TEORI LINGUISTIK DAN PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK

Dewi Kumala Sari (Universitas Malikussaleh)
Mrs. Rasyimah (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Abstrak.Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Berdasarkan teori linguistik, pemerolehan bahasa adalah proses yang berlangsung di alam otak anak ketika memperoleh bahasa dari ibunya. Ia akan berbahasa seperti apa yang didengar dan dilihat dari ibu dan orang-orang disekitarnya secara struktur dalam semua kompunen bahasa baik fonologi, sintaksis, pragmatik maupun semantiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji teori linguistik dan proses pemerolehan bahasa pada anak usia 0-5 tahun. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan mewawancarai orang tua anak secara langsung, dengan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemerolehan bahasa pada anak-anak usia 0-5 tahun sangat dipengaruhi oleh banyak faktor diatantaranya: usia anak, bahasa ibu dan lingkungan.Kata Kunci: Teori Linguistik, Pemerolehan Bahasa, AnakAbstract. Language is the ability of humans to communicate with other humans using signs, such as words and movements with the aim of developing their potential. Based on linguistic theory, language acquisition is a process that takes place in the child's brain when he acquires language from his mother. He will speak as what he hears and sees from his mother and the people around him structurally in all language components, both phonology, syntax, pragmatics and semantics. The purpose of this study was to examine linguistic theory and the process of language acquisition in children aged 0-5 years. The research method uses a descriptive method by interviewing the children's parents directly, with the stages of data collection, data analysis, and presentation of the results of the analysis. The results showed that language acquisition in children aged 0-5 years was strongly influenced by many factors including: child's age, mother tongue and environment.Keywords: Linguistic Theory, Language Acquisition, Children

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Bahastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran ...