Jurnal USAHA
Vol 1, No 2 (2020): DESEMBER

KINERJA USAHA BUMDES DI KABUPATEN BEKASI DIPENGARUH OLEH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, TEKNOLOGI DIGITAL KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI USAHA.

Indra Permana Permana (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Keberadaan BUMDes sebagai salah satu lembaga pedesaan dan menjadi pelopor penggerak ekonomi desa di Kabupaten Bekasi yang diharapakan mampu meningkatka kesejahteraan warganya. Namun dalam pelaksanaanya ditemui beberapa permasalahan, diantaranya Adalah Kuarangnya sosialisasi BUMDes, Kurangnya kerja sama antar BUMDes, serta belum banyaknya pemanfaatan teknologi digital yang di implikasikan oleh BUMDes.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan pada kinerja usaha. Menguji pengaruh teknologi digital kewirausahaan pada kinerja usaha. Menguji pengaruh motivasi usaha pada kinerja usaha. Serta bertujuan supaya BUMDes dapat meningkatkan inovasi-inovasi baru di kelembagaan badan usaha milik desa, berkaitan dengan pendapatan desa dan pemanfaatannya untuk sosial. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu dengan metode simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 BUMDes di Kabupaten Bekasi. penelitian ini didasarkan pada studi Structual Equation Modeling (SEM) dengan bantuan stastistik SPSS 20 digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument dan hubungan yang dihipotesiskan di dalam model teoritis yang diusulkan. Temuan dari model struktural telah membutikan hampir semua hubungan variabel yang dihipotesiskan terbukti terdukung. Hasil penelitian membuktikan bahwa terhadap pengaruh positif orientasi kewirausahaan pada kinerj usaha. Terdapat pengaruh teknologi digital kewirausahaan pada kinerja usaha. Terdapat pengaruh motivasi usaha pada kinerja usaha.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

usaha

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy ...