cover
Contact Name
tedy ardiansyah
Contact Email
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Phone
+6287728003460
Journal Mail Official
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Editorial Address
Jl. Nangka no.58 C (TB Simatupang), kelurahan tanjung barat kecamatan jagakarsa jakarta selatan 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal USAHA
ISSN : -     EISSN : 27462471     DOI : 10.30998
Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy entrepreneurship
Articles 45 Documents
KINERJA AKTIVITAS PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KEDAI SUSU SEGAR WR. AGUS Endah Widati; Ayu Rahmawati
Jurnal USAHA Vol 1, No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v1i2.511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh usaha mikro Kedai Susu Segar Wr. Agus sudah tepat dalam menghadapi pesaing dan meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah evaluasi kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik analisis data berupa Analisis VRIO, Analisis PESTL, Analisis Pesaing dan Analisis Profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh usaha mikro Kedai Susu Segar Wr. Agus sudah efektif untuk Cabang 1 tetapi untuk Cabang 2 belum efektif karena target penjualan masih belum bisa membuat usaha ini mencapai skala ekonomis.
MODEL PLATFORM e-COMMERCE DALAM MENDUKUNG KESUKSESAN UMKM DI INDONESIA tedy ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 1, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v1i1.286

Abstract

Penelitian mengenai kesuksesan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia masih sangat jarang terutama yang menyangkut mengenai e-commerce terkhusus pada platform atau aplikasi, bukan itu saja, namun dukungan dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian pokok dari kesuksesan UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model platform e-commerce pemain digital bisnis dalam mendukung kesuksesan UMKM di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana pendekatan yang dilakukan melalui studi literatur yaitu penelitian yang mengkaji secara kritis pengetahuan, gagasan atau temuan serta memberikan kontribusi teoritis dan metodologis terhadap objek kajian. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk dari model yang tepat untuk kesuksesan UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pemain digital bisnis.
ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CELLULAR BUSINESS INCOME IN SUKABUMI CITY 2019 Danang Wijayanto Wijayanto; Yohanes Jhony Kurniawan; Hariyatno Hariyatno Hariyatno
Jurnal USAHA Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v2i1.643

Abstract

This research was conducted to determine the influence of mobile phone sales, sales of credit vouchers and sales of handphone accessories to the revenue of cellular entrepreneurs in the City of Sukabumi. Data collection in research carried out by interview, observation and literature study. Test equipment used with multiple regression analysis, regression coefficient analysis, coefficient of determination with testing partial and simultaneous testing. This study used quantitative research methods aimed at testing predetermined hypotheses. The sample used in this study amounted to 40 respondents. Analysis of the data used is the multiple regression analysis test and the classic assumption test. From the results of the significance test, there is a significant simultaneous influence (together) of the variables of mobile phone sales, sales of credit vouchers and sales handphone accessories to the revenue of cellular entrepreneurs. While based on partial testing, there is a significant influence of mobile phone sales, sales of credit vouchers and sales of handphone accessories to the revenue of cellular entrepreneurs. And the order of variable contribution that influences the revenue of cellular entrepreneurs is the variable of sales of the credit vouchers, sales of handphone accessories and mobile phone sales.
PENDUDUK, ANGKATAN KERJA, PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI JAWA BARAT Siti Marti'ah
Jurnal USAHA Vol 1, No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v1i2.500

Abstract

Provinsi Jawa Barat mempunyai penduduk 49.02 Juta yang terdiri laki laki 23,8 dan perempuan 24,2. Dengan jumlah tersebut laju penduduk semakin pesat dan berpengaruh terhadap masalah angkatan kerja, serapan tenaga kerja pada sector sektor usaha. Tingkat Partisipasi Angkatan kerja Jawa Barat pada tahun 2017  sebesar 63,34 . Tahun 2018 sebesar 62,92 mengalami penurunan 0,42  dan pada tahun 2019 TPAK sebesar 65,07  sehingga mengalami kenaikan sebesar 2.15 . Jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor Industri sebesar 3. 723, 416 terdiri dari Industri Mikro dan kecil sebesar 1.455.352 dan Industri Besar dan sedang sebesar 2, 268 064 . Untuk Penyerapan industry Mikro dan Kecil dengan jumlah penyerapan terkecil pada kota Cirebon dengan angka 8.652, sedangkan usaha menengah dan besar dengan angka terkecil yaitu kabupaten penggandaran dengan angka 241.  Penyerapan Tenaga kerja terbesar unit Mikro dan kecil masih di dominasi Kabupaten Cirebon dengan total 1,455, 352 dan untuk menengah dan besar Bekasi dengan angka 2,268,064.  Jumlah UMKM dan Industri Besar sebesar 584. 274 terdiri dari UMK sejumlah 574,175  dan Industri Besar dan sedang sebesar 10,099. Untuk industry Mikro dan Kecil dengan jumlah terkecil pada kota Cirebon dengan angka 3203 dan terbesar pada kota tasik Malaya sebesar 55,002 , sedangkan usaha menengah dan besar dengan angka terkecil yaitu kabupaten penggandaran dengan angka 9. Penyerapan untuk menengah dan besar Bekasi dengan angka 2.503 Kota Bekasi
PENGARUH KEBERADAAN WADUK PENJALIN TERHADAP PEREKONOMIAN UMKM DAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT KELURAHAN WINDUAJI Nurlaela Nurlaela; Sugeng Haryono; Kiki Ismanti
Jurnal USAHA Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v2i1.554

Abstract

Pariwisata waduk awalnya hanya digunakan untuk berbagai pemanfaatan antara lain sumber baku air minum, air irigasi, pembangkit listrik, penggelontoran, perikanan, pariwisata dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan Waduk Penjalin dan dampaknya terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat setempat, perubahan-perubahan sosial masyarakat  disekitar  Waduk  Penjalin serta untuk mengetahui daya dukung wilayah terhadap pengembangan pariwisata di Desa Winduaji. Metode penelitian Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei korelasional. Sedangkan analisis yang digunakan untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan uji analisis jalur. Wisata Waduk Penjalin mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap Aspek Ekonomi (Y) dan Sosial Budaya (Z). hal ini dibuktikan dengan penghitungan hasil kisioner terhadap warga masyarakat dan para pedagang di sekitar waduk, setelah di hitung hasil dari angket nilai yang didapat pengaruhnya  dengan nilai sebesar 0,481 dan pengaruh tidak langsung 0,268 yang berarti bahwa nilai pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh tidak langsung.
PENTINGNYA MANAJEMEN DIRI DALAM BERWIRAUSAHA Masayu Endang Apriyanti
Jurnal USAHA Vol 1, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v1i1.290

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pentingnya manajemen diri dalam melakukan suatu usaha atau berwirausaha, karena dengan manajemen diri semua dapat dilaksanakan dengan baik sehingga pada akhirnya kesuksesan dapat diraih. Kelihatannya manajemen dirimudah untuk dikatakan, tapi dalam pelaksanaannya cukup sulit karena membutuhkan kesungguhan dan tekat yang kuat agar mampu berwirausaha dengan sukses.Metode penelitian dilakukan secara deskriptif yang bersifat survey langsung pada kelompok wirausahawan tertentu di wilayah Jakarta Barat, studi perpustakaan dan literatur. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa manajemen diri sangat berperan terhadap kesuksesan berwirausaha
KINERJA USAHA BUMDES DI KABUPATEN BEKASI DIPENGARUH OLEH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, TEKNOLOGI DIGITAL KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI USAHA. Indra Permana Permana
Jurnal USAHA Vol 1, No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v1i2.512

Abstract

Keberadaan BUMDes sebagai salah satu lembaga pedesaan dan menjadi pelopor penggerak ekonomi desa di Kabupaten Bekasi yang diharapakan mampu meningkatka kesejahteraan warganya. Namun dalam pelaksanaanya ditemui beberapa permasalahan, diantaranya Adalah Kuarangnya sosialisasi BUMDes, Kurangnya kerja sama antar BUMDes, serta belum banyaknya pemanfaatan teknologi digital yang di implikasikan oleh BUMDes.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan pada kinerja usaha. Menguji pengaruh teknologi digital kewirausahaan pada kinerja usaha. Menguji pengaruh motivasi usaha pada kinerja usaha. Serta bertujuan supaya BUMDes dapat meningkatkan inovasi-inovasi baru di kelembagaan badan usaha milik desa, berkaitan dengan pendapatan desa dan pemanfaatannya untuk sosial. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu dengan metode simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 BUMDes di Kabupaten Bekasi. penelitian ini didasarkan pada studi Structual Equation Modeling (SEM) dengan bantuan stastistik SPSS 20 digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument dan hubungan yang dihipotesiskan di dalam model teoritis yang diusulkan. Temuan dari model struktural telah membutikan hampir semua hubungan variabel yang dihipotesiskan terbukti terdukung. Hasil penelitian membuktikan bahwa terhadap pengaruh positif orientasi kewirausahaan pada kinerj usaha. Terdapat pengaruh teknologi digital kewirausahaan pada kinerja usaha. Terdapat pengaruh motivasi usaha pada kinerja usaha.
TREN BENTUK PART-TIME ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN Dipa Teruna; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v2i1.660

Abstract

Kegiatan wirausaha adalah kegiatan yang selaku menarik sepanjang waktu, namun kenyataannya bahwa orang yang melakukan kegiatan wirausaha adalah yang tidak mempunyai pekerjaaan atau penghasilan, namun kenyataannya ada juga seseorang yang memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan ingin melakukan kegiatan wirausaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Part-Time Entrepreneurship (wirausahawan paruh waktu) mempunyai hubungan yang positif terhadap kegiatan wirausaha dan mempunyai efek yang baik kedepan sebagai wirausahawan yang sukses. Metode yang digunakan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana data yang dikumpulkan dari hasil data sekunder berupa data literatur dari buku maupun jurnal. Hasil penelitian menunjukan bahwa wirausahawan paruh waktu mempunyai efek yang sangat signifikan untuk keberhasilan usaha dimana keberhasilan usaha tidak serta merta dapat di segala sektor usaha, sektor usaha yang tepat adalah pada bidang sektor jasa bisnis.
PERBEDAAN MOTIVASI INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP MINAT TEKNOPRENEUR MAHASISWA INFORMATIKA Berta Dian Theodora
Jurnal USAHA Vol 1, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v1i1.288

Abstract

Ketika semua lulusan bergantung pada sektor usaha yang telah ada akan menjadi beban perkembangan ekonomi namun dengan kemampuan setiap individu yang berbeda-beda merupakan peluang tidak terbatas bagi dirinya untuk menjadikan kemampuan tersebut menjadi sumber pendapatan. Beberapa universitas telah memasukan matakuliah kewirausahaan dikurikukulum akan tetapi pembelajaran kewirausahaan berfokus pada menciptakan wirausaha secara umum, belum berfokus untuk mengkaitkan keilmuan utama dan peluang usaha. Penguasaan teknologi bagi peserta didik berlatarbelakang informatika merupakan modal daya saing yang kuat terutama di era industri 4.0. Seorang wirausaha akan menggunakan apa yang dimiliki sebagai modal usahanya, bagi lulusan teknologi informasi, manajemen informasi dan informatika dapat menggunakan ilmu mereka dalam dunia usaha, sektor yang menggabungkan kedua hal tersebut dikenal dengan nama teknopreneur. Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari motivasi internal dan eksternal terhadap minat teknopreneur mahasiswa. Sampel berjumlah 200 adalah mahasiswa berlatarbelakang informatika dan telah mengikuti pembelajaran kewirausahaan. Analisis mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Anova dua arah dengan interaksi Hasil penelitian menunjukan bahwa terhadap perbedaan pengaruh ketika kondisi motivasi internal tinggi atau rendah terhadap minat teknopreneur. Terdapat perbedaan pengaruh ketika kondisi motivasi eksternal tinggi atau rendah terhadap minat teknopreneur, namun tidak terjadi interaksi antara motivasi internal dan eksternal
KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA harsoyo dwijo wiyono; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 1, No 2 (2020): DESEMBER
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v1i2.503

Abstract

Saat Saat ada Pandemi Covid 19 di Indonesia pada tahun 2020 diperlukan wirausaha-wirausaha yang cukup kuat untuk meningkatkan perekonomian suatu negara. Wirausaha  harus dapat bersaing dan selalu bisa untuk menaikkan produktivitasnya. Salah satu caranya adalah dengan kreativitas dan inovasi. Kreativitas selalu dikaitkan dengan mengeluarkan ide-ide baru dan inovasi yaitu menerapkan ide-ide tersebut dalam produk yang dihasilkan maupun cara kerja yang lebih efisien. Seorang wirausaha dituntut untuk kreatif dan inovatif, sehingga apa yang dihasilkan akan diterima oleh masyarakat luas. Dan hal ini akan dapat meningkatkan profit bagi perusahaan yang bersangkutan. Kemudian pada akhirnya akan meningkatkatkan pendapatan negara dari pajak dan perekonomian akan  lebih maju.