Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Vol 2, No 1 (2021): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PIXY MAHASISWI STIE BINA KARYA

Suci Etri Jayanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Karya Tebing Tinggi)
Rumiris Siahaan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Karya Tebing Tinggi)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2021

Abstract

Pemakaian lipstik khususnya dikalangan mahasiswi sudah menjadi salah satu trend untuk mempercantik diri dan sebagai penunjang penampilan. Lipstik yang banyak di gandrungi salah satunya yang sedang booming adalah Pixy. Dengan adanya Celebrity Endorser dan Brand Image dari suatu produk dapat menjadi tolak ukur keputusan konsumen untuk membeli.  Celebrity Endorser dapat meningkatkan keyakinan konsumen serta dapat mendukung citra dari suatu produk yang dipromosikan sehingga dapat mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian. Opini mahasiswi STIE Bina Karya, meskipun Pixy dalam iklan nya menggandeng Celebrity Endorser yang cantik dan masih muda itu saja tidak cukup karena harus memenuhi kriteria sesuai dengan produk, daya tarik, kredibilitas yang tinggi, serta mampu menginspirasi wanita secara luas dan saat ini umat Muslim menghendaki agar produk yang digunakannya telah dijamin kehalalannya atau sesuai dengan syariah Islam. Brand Image halal Lipstik Pixy seolah dibelunggu oleh berbagai opini dan persepsi mahasiswi Bina Karya yang memposisikan sebagai kosmetik untuk wanita muslim, apalagi lipstik Pixy diproduksi oleh perusahaan asing, seperti Jepang yang mayoritas non muslim sehingga kepercayaan mahasiswi STIE Bina Karya terhadap lipstik Pixy berlabel halal masih dipertanyakan  sehingga tingkat keputusan pembelian terhadap lipstik Pixy dapat menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan Brang Image terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Dari hasil perhitungan uji simultan diperoleh bahwa hipotesis Variabel Celebrity Endorser  dan Variabel Brand Image berpengaruh terhadap Variabel Keputusan pembelian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Perilaku Organisasi, Kewirausahaan, serta ...