cover
Contact Name
-
Contact Email
jmmb@umj.ac.id
Phone
+6285717985227
Journal Mail Official
jmmb@umj.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jl. KH. Ahmad Dahlan Cirendeu, Ciputat, Jakarta. Kode Pos 15419.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis
ISSN : 27164152     EISSN : 27219062     DOI : 10.24853/jmmb
Core Subject : Economy,
Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Perilaku Organisasi, Kewirausahaan, serta Keuangan.
Articles 36 Documents
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TUNAS PERKASA TEKINDO Diana Diana; Yayan Anggreani
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.1.2.93 - 102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian ini diadakan di PT. Tunas Perkasa Tekindo yang beralamat di Jl. Radio Dalam. Data yang diperoleh dari Karyawan PT.Tunas Perkasa Tekindo adalah data primer dan data sekunder  yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner dengan metode sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji heteroskedastisitas, uji asumsi klasik, uji linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS.V.25.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan berdasarkan dari hasil pengujian statistik uji t menunjukan bahwa hasil antara thitung > ttabel ( 4,597 > 2,01174) dengan nilai signifikan dari Kepuasan Kerja (X1) sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan memiliki arah koefisien positif. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dan persepsi Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan hasil uji t thitung  > ttabel (1,726 > 2,01174) dengan nilai signifikan dari Komitmen Organisasi (X2) sebesar 0,091 lebih besar dari 0,05 dan memiliki arah koefisuen positif maka dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. Serta hasil daru uji f Kepuasan Kerja dan presepsi Komitmen Organisasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan antara thiting > ttabel yaitu (38,334 > 3,20) nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima
PENGARUH INFORMASI NON KEUANGAN TERHADAP MINAT BERINVESTASI DALAM BURSA EFEK INDONESIA Alistraja Dison Silalahi; Debbi Chyntia Ovami
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.1.1.11-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh informasi non keuangan terhadap minat berinvestasi di Bursa Efek Indonesia (Studi KasusMahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptikuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas EkonomUniversitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Teknik sampel dalampenelitian ini adalah sampling incidentaldimana sampel dalam penelitian inadalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah Medan angkatan 2015 sebanyak 10% yang berjumlah 73 mahasiswaSumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner, observasdan wawancara, metode analisis data dalam penelitian ini yaitu regresi liniesederhana yang berupa uji t (persial), dan uji koefesien determinan.Hasipenelitian menunjukkan bahwa informasi non keuangan berpengaruh posititerhadap minat berinvestasi di bursa efek Indonesia pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muslim nusantara al-washliyah medan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh informasi non keuangan terhadap minat berinvestasi di Bursa Efek Indonesia (Studi KasusMahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptikuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas EkonomUniversitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Teknik sampel dalampenelitian ini adalah sampling incidental dimana sampel dalam penelitian inadalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara AlWashliyah Medan angkatan 2015 sebanyak 10% yang berjumlah 73 mahasiswaSumber data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner, observasdan wawancara, metode analisis data dalam penelitian ini yaitu regresi liniesederhana yang berupa uji t (persial), dan uji koefesien determinan.Hasipenelitian menunjukkan bahwa informasi non keuangan berpengaruh posititerhadap minat berinvestasi di bursa efek Indonesia pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas muslim nusantara al-washliyah medan. 
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI (Studi Pada Konsumen Holland Bakery Di Jabodetabek) Alivia Rajab; Liza Nora
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.2.2.73-84

Abstract

This study aims to determine how much influence product quality has on consumer loyalty in Holland bakery in Jabodetabek with customer satisfaction as a mediating variable. The method used in this research is an associative quantitative method. The source of this research is using primary data and secondary data. The sample collection technique used was purposive sampling technique, with the number of samples tested was 196 respondents of Holland bakery consumers. The data collection technique is using a questionnaire distributed via Google Form to consumers who live in Jabodetabek. Methods of data analysis in this study using the Structural Equation Model (SEM), using the WarpPLS 7.0 approach. The results of this study indicate that product quality has a significant effect on consumer loyalty and product quality with customer satisfaction as a mediation which has a significant effect on customer loyalty. This means that the customer satisfaction variable is a partial mediation, which can affect directly or indirectly between the variable product quality and consumer loyalty, both with the presence of customer satisfaction as a mediation or not, product quality still affects consumer loyalty.Keywords: Product Quality, Customer Satisfaction, Consumer Loyalty
PENGARUH MEANINGFUL WORK DAN WORK ENGAGEMENT TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA PT HERONA EXPRESS Nur Aeni; Felia Paradila
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.1.2.119 - 124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari Meaningful Work dan Work Engagement terhadap Komitmen Organisasi pada PT Herona Express. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan metode analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun bersama-sama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Meaningful Work dan Work Engagement terhadap Komitmen Organisasi pada PT Herona Express.Hasil penelitian ini belum optimal, untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan objek penelitian atau variabel yang akan diteliti.
IMPLEMENTASI MODEL PENGEMBANGAN PENGELOLAAN KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) Hasanah Hasanah; Azimah Hanifah
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.1.1.37-46

Abstract

Keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) saat ini dirasakan sangat membantu masyarakat terutama yang menjadi anggotanya. Koperasi berhubungan erat dengan UMKM, di mana koperasi mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan perekonomian masyarakat. Dengan adanya koperasi simpan pinjam masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang untuk modal dapat terbantu, karena persyaratan dan prosedurnya yang tidak sulit dan berbelit-belit dengan bunga yang relatif ringan. Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah “Pengembangan Pengelolaan Koperasi  Simpan Pinjam (KSP) di Wilayah Jakarta Selatan”. Sehingga KSP dapat lebih mengembangkan usaha koperasi menjadi lebih berkembang. Dengan adanya Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dapat membuka jalan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan anggota pada khususnya. Sehingga koperasi simpan pinjam harus berorientasi pada pelayanan kepada anggota dan masyarakat sekitarnya. Pengembangan pengelolaan koperasi simpan pinjam dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu Peningkatan kualitas pelayanan (service excellent) sebagai sumber kepercayaan dan permodalan koperasi.
ANALISIS DAMPAK PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT. ADIRA FINANCE TEBING TINGGI Rakhmawati Purba; Rusmewahni Rusmewahni; Sri Winda Hardiyanti Damanik
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.2.2.109-114

Abstract

Pengembangan SDM baik yang bekerja di sektor publik maupun sektor swasta, perlu dilakukan secara terencana dan berkesinambungan. Strategi untuk mengembangkan SDM yang dikenal dengan manajemen organisasi, harus fleksibel dalam menerima gagasan-gagasan baru meskipun saat ini kurang sesuai dan dapat melakukan beberapa reformasi secara fundamental terhadap praktik dan kebijakan konfensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengalaman kerja terhadap produktivitas karyawan PT. ADIRA FINANCE Tebing Tinggi. Data yang dipakai yaitu data kuantitatif yang berbentuk angka atau bilangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan studi literature. Jumlah sampel sebanyak 45 orang dengan metode sensus. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dimana pengalaman kerja sebagai variable independen dan produktivitas kerja karyawan sebagai variable dependen. Nilai thitung >  ttabel yaitu 2,777 > 1,679 dan nilai signifikan untuk pengalaman kerja sebesar 0,008 < alpha 0.05, sehingga variabel pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas dengan demikian maka hipotesis diterima
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PIXY Mahasiswi STIE Bina Karya SUCI ETRI JAYANTI; Rumiris Siahaan
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 2, No 1 (2021): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.2.1.167-172

Abstract

Pemakaian lipstik khususnya dikalangan mahasiswi sudah menjadi salah satu trend untuk mempercantik diri dan sebagai penunjang penampilan. Lipstik yang banyak di gandrungi salah satunya yang sedang booming adalah Pixy. Dengan adanya Celebrity Endorser dan Brand Image dari suatu produk dapat menjadi tolak ukur keputusan konsumen untuk membeli.  Celebrity Endorser dapat meningkatkan keyakinan konsumen serta dapat mendukung citra dari suatu produk yang dipromosikan sehingga dapat mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian. Opini mahasiswi STIE Bina Karya, meskipun Pixy dalam iklan nya menggandeng Celebrity Endorser yang cantik dan masih muda itu saja tidak cukup karena harus memenuhi kriteria sesuai dengan produk, daya tarik, kredibilitas yang tinggi, serta mampu menginspirasi wanita secara luas dan saat ini umat Muslim menghendaki agar produk yang digunakannya telah dijamin kehalalannya atau sesuai dengan syariah Islam. Brand Image halal Lipstik Pixy seolah dibelunggu oleh berbagai opini dan persepsi mahasiswi Bina Karya yang memposisikan sebagai kosmetik untuk wanita muslim, apalagi lipstik Pixy diproduksi oleh perusahaan asing, seperti Jepang yang mayoritas non muslim sehingga kepercayaan mahasiswi STIE Bina Karya terhadap lipstik Pixy berlabel halal masih dipertanyakan  sehingga tingkat keputusan pembelian terhadap lipstik Pixy dapat menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan Brang Image terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Dari hasil perhitungan uji simultan diperoleh bahwa hipotesis Variabel Celebrity Endorser  dan Variabel Brand Image berpengaruh terhadap Variabel Keputusan pembelian.
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA Muhammad Yusuf; Sutanti Sutanti
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.1.2.77 - 84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa pada FEB UMJ, (2) pengaruh lingkungan terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa pada FEB UMJ, dan (3) pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa pada FEB UMJ. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kuantitatif, dengan jumlah resonden sebanyak 152 mahasiswa FEB UMJ semester 5 (lima) yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa, (2) lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa, dan (3) pendidikan kewirausahaan dan lingkungan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa 
ANALISIS FAKTOR FUNDAMENTAL DAN TEKNIKAL TERHADAP HARGA SAHAM SUBSEKTOR TRANSPORTASI DAN ENERGI DI BURSA EFEK INDONESIA Ratna Sari Dewi; Dede Yusuf Rangkuti
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.1.1.47-56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Faktor Fundamental dan Teknikal terhadap Harga Saham subsektor Transportasi dan Subsektor Energi di Bursa Efek indonesia tahun 2016-2018. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan subsektor Transportasi dan subsektor Energi yang terdaftar dibursa efek indonesia tahun 2016-2018 dengan tehnik pengambilan sampel puposive sampling. data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang didasarkan pada pengumpulan data laporan keuangan perusahaan subsektor Transportasi dan Subsektor Energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, 2) Return On Asset (ROA) dan Volume Perdagangan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, 3) Indeks Harga saham gabungan (IHSG) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham.
PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. HATINDO METAL UTAMA Hasanah Hasanah; Sutanti Sutanti
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.2.2.85-92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompensasi (X1) dan Kompetensi (X2) terhadap Kinerja Karyawan PT Hatindo Metal Utama.Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif sedangkan, metode yang digunakan adalah metode Asosiatif. Populasi dalam peneltian ini adalah karyawan PT Hatindo Metal Utama, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Sumber data pada penelitian ini meliputi : data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji normalitas) analisis regresi linear berganda, analisis koefesien determinasi, hipotesis uji t dan uji F.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara uji parsial (uji t) kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Hatindo Metal Utama dan kompetensi berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan PT Hatindo Metal Utama. Bedasarkan hasil uji F secara simultan dapat disimpulkan bahwa kompensasi dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Hatindo Metal Utama

Page 1 of 4 | Total Record : 36