CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 5 No 1 (2021): JULI

PERAN KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PELAYANAN DALAM MEMBANGUN KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS ONLINE PISANG SELIMUT SITUBONDO

Randika Fandiyanto (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Karnadi Karnadi (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Fajar Wahyu Prianto (Program Studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen (3) untuk mengetahui diantara kualitas produk, harga dan pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah peramaan regresi linier berganda Y = 2,401E-16 + 0,233X1 + 0,205X2 + 0,277X3 + e. Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif signifikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,349) > (1,985) atau sig α 0,021 < 0,05, harga menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,092) > (1,985) atau sig α 0,039 < 0,05, pelayanan menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,822) > (1,985) atau sig α 0,006 < 0,05. Secara simultan kualitas produk, harga, dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F hitung sebesar 14,485 nilai lebih besar dari F tabel yaitu 2,70 atau F hitung 14,485 > F tabel 2,70. Variabel yang paling berpengaruh dominan dalam penelitian ini adalah pelayanan dengan nilai sebesar 2,822. Nilai R2 dari variabel kualitas produk harga dan pelayanan sebesar 31,6% dan sisanya sebesar 68,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...