Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 3, No 2 (2020): Desember 2020

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LOMPAT TINGGI BERBENTUK PERMAINAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS DI SMA NEREGERI 16 KOTA BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Indah Lestari (Pendidikan Jasmani kesehatan dan Rekreasi, Universitas Jabal Ghafur, Kota Sigli)
Jafaruddin Jafaruddin (Pendidikan Jasmani kesehatan dan Rekreasi, Universitas Jabal Ghafur, Kota Sigli)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Kurangnya partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran akan menurunkan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar oleh karena itu diperlukan suatu tindakan yang mampu melibatkan partisipasi siswa dan sekaligus dapat digunakan untuk mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran yang direncanakan. dengan demikian guru harus aktif dalam menciptakan suasana agar siswa lebih aktif menanggapi proses pembelajaran melalu model pembelajaran yang di buat oleh guru pendidikan jasmani tersebut baik dengan model modifikasi pembelajran.rumusan masalah dalam penelitian ini adalahMembuat dan mengembangkan modelpembelajaranatletik nomor lompat tinggi yang berbentuk permainan yang di modifikasi untuk siswa sekolah menegah atas di SMA Negeri 16 Kota Banda Aceh tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hal tersebut, maka pengembangan modelpembelajaranatletik nomor lompat tinggi yang berbentuk permainan untuk siswa sekolah menegah atas di SMA Negeri 16 Kota Banda Aceh disajikan dalam bentuk model pengembangan demonstrasi, visualisasi dan simulasi sosial pada siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modelpembelajaranatletik nomor lompat tinggi yang berbentuk permainan untuk siswa sekolah menegah atas di SMA Negeri 16 Kota Banda Aceh tahun pelajaran 2019/2020.Model Pembelajaran lompat kotak termasuk dalam model  pertama dalam pengembangan model pembelajaran atletik nomor lompat tinggi dalam bentuk permaianan dengan korelasi antar variabel bersih dengan model ketiga terletak pada rentanng 0.371.Model Pembelajaran lompat tali termasuk dalam model  ke dua dalam pengembangan model pembelajaran atletik nomor lompat tinggi dalam bentuk permaianan dengan korelasi antar variabel bersih dengan model ketiga terletak pada rentanng 0.405Model Pembelajaran lompat gawang termasuk dalam model  ke tiga dalam pengembangan model pembelajaran atletik nomor lompat tinggi dalam bentuk permaianan dengan korelasi antar variabel bersih dengan model ketiga terletak pada rentanng 0.205. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Lompat Tinggi, Permainan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...