Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti dalam menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran yang didesain dengan model pembelajaran kontekstual dengan inspirator gambardalam pembelajaran setelah mengikuti pembelajaran dengan menulis puisi. Hal ini dikarenakan kurangnya optimalisasi penggunaan metode dan media pembelajaran yang efektif oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti. Teknik analisis data terdiri atas teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 75.17 dengankategori cukup, pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81.70 dengan kategori sangat baik. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar yang berupa data kuantitatif keterampilan menulis puisi pada siklus I memperoleh persentase 82.35% dan pada siklus II menjadi 97.05% multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti. Model pembelajaran kontekstual dengan inspirator gambar sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi.
Copyrights © 2018