Jurnal Komunitas Bahasa
Vol 6, No 1 (2018): April 2018

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN INSPIRATOR GAMBAR PERISTIWA

Kholipah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti dalam menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran yang didesain dengan model pembelajaran kontekstual dengan inspirator gambardalam pembelajaran setelah mengikuti pembelajaran dengan menulis puisi. Hal ini dikarenakan kurangnya optimalisasi penggunaan metode dan media pembelajaran yang efektif oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti. Teknik analisis data terdiri atas teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 75.17 dengankategori cukup, pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81.70 dengan kategori sangat baik. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar yang berupa data kuantitatif keterampilan menulis puisi pada siklus I memperoleh persentase 82.35% dan pada siklus II menjadi 97.05% multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Meranti. Model pembelajaran kontekstual dengan inspirator gambar sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari ...