cover
Contact Name
Khairun Nisa
Contact Email
nisakhairun2206@gmail.com
Phone
+6282165106772
Journal Mail Official
jurnalkomunitasb@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jln. Jend. Ahmad Yani, Kisaran
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Komunitas Bahasa
Published by Universitas Asahan
ISSN : 22523480     EISSN : 27753476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia. Naskah yang diterbitkan termasuk. Ilmu bahasa; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis Sastra: studi sastra lokal, sastra Indonesia, sastra anak, studi sastra untuk pendidikan karakter, dan studi sastra lainnya. Linguistik dan Sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya. Dewan redaksi ingin menerima naskah yang dikirimkan melalui sistem pengiriman online. Penulis berharap untuk mempublikasikan penelitian di jurnal ini harus memastikan bahwa manuskrip memenuhi ruang lingkup dan pedoman pengajuan jurnal. Untuk informasi lebih detail, silakan merujuk ke syarat dan ketentuan Jurnal Komunitas Bahasa.
Articles 72 Documents
PERKEMBANGAN PENELITIAN WACANA SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Rina Hayati Maulidiah
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penelitian wacana sastra dalam sepuluh tahun terakhir serta implementasinya dalam dunia pendidikan.Wacana sastra apa saja yang paling banyak diteliti, dan yang masih sedikit diteliti, atau belum pernah diteliti sama sekali. siapa saja yang terlibat dalam penelitian tersebut serta implementasinnya bagi prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Artikel ini tergolong pada penelitian kepustakaan, berkenaan dengan hal itu, maka metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu mengumpulkan data primer dan sekunder, dengan menggunakan model analisis van djik yang terkait denganperkembangan penelitian wacana sastra selama sepuluh tahun terakhir. hasil penelitian menemukan banyaknya pendekatan yang dapat dilakukan dalam penelitian wacana sastra seperti (1) Sosiologi Sastra, (2) Strukturalisme  Genetik, (3) Hermeneutika, (4) Feminisme, (5) Mimetik, (6) Stilistika, (7) Kesantunan Berbahasa. Penelitian ini didominasi oleh mahasiswa sastra yang banyak mengkaji tentang feminisme dan beberapa orang dosen.Kesantunan berbahasa termasuk kajian yang masih baru sehingga masih sedikit yang meneliti.Implementasi yang diharapan kedepanya adalah mahasiswa mampu mengembangkan penelitian wacana sastra yang masih sedikit diteliti dan mampu menemukan pendekatan baru dalam meneliti kajian wacana sastra.
HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KOTA TANJUNGBALAI Dailami, Dailami
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru Madrasah Aliyah di Kota Tanjungbalai. Penelitian ini dilakukan di satu Madrasah Aliyah Negeri dan Lima Madrasah Aliyah Swasta di Kota Tanjungbalai. Variabel bebas adalah budaya organisasi sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai. Hipotesis yang diuji adalah sejauh mana hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai. Populasi penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Tanjungbalai yang berjumlah 162 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sampling, dengan jumlah sampel yang diperoleh adalah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket skala likert dan diolah dengan teknik analisa cronbach. Hasil ujicoba dan perhitungan menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi adalah 0,905 dan variabel kinerja guru Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai adalah 0,880. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan taraf kepercayaan 95%. Hasil analisis menunjukkan bahwa  dan . Hal ini menunjukkan terdapat hubungan budaya organisasi dengan kinerja guru Madrasah Aliyah Kota Tanjungbalai.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA Muhammad Supratman
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sigala-gala Kabupaten Aceh Tenggara tahun pembelajaran 2015-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala yang berjumlah 120 siswa. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas X ADM yang bertujuan 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrument tes kemampuan menulis wacana argumentasi. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali yaitu pretes dan postes. Setelah masing-masing sampel mengikuti pretes maka diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif kemudian diberi tes lagi (postes) kemudian harga skor dibandingkan satu sama lain. Analisis perbandingan menggunakan uji “t”. Berdasarkan teknik analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil pretes yaitu sebelum diterapkan perlakuan pembelajaran kooperatif memiliki rata-rata nilai adalah 63,3 yang masih rendah. Selanjutnya hasil postes siswa yang telah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif mendapat perolehan nilai rata-rata sebesar 79,2 yang tinggi. Hal ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis wacana argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Lawe Sigala-gala tahun pembelajaran 2015-2016.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASI Sri Rodearni; Nila Sudarti
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menulis karangan persuasi siswa dengan pengaruh model pembelajaran Cycle Learning. Sampel Penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-5 yaang berjumlah dengan jumlah 68 orang siswa pada tiap kelas dari jumlah populasi sebanyak 102 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cycle Learning. Dari pengelolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata = 84,1 standar deviasi 4,92. Hasil posttest dengan rata-rata 68,2 standar deviasi 18,84. Dari uji data pretest dan posttest di dapat keduanya hasil distribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapat t0 sebesar 7,8 setelah t0 diperoleh. Selanjutnya dikonsultasikan dengan dk = (N1+N2) – 2 = (34+34) – 2 = 66, maka diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 2,00< 5,3> 2,65, maka hipotesis nihil (H0) dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Cycle Learning terhadap kemampuan menulis karangan persuasi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2017/2018.
ANALISIS LATAR PADA NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA: TERE LIYE Indah Utami Siregar; Eva Mizkat
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya sastra yang dipaparkan oleh pengarang melalui novel akan banyak menggambarkan suasana untuk mendukung cerita dan penggambaran tokoh agar menarik minat pembaca. Sehingga melalui latar yang dilukiskan pengarang lewat karya sastra berbentuk novel akan membawa imajinasi pembaca ke tempat-tempat tertentu dengan suasana serta perasaan tertentu pula. Apalagi mungkin saja suasana itu sudah pernah dilalui dan dirasakan oleh pembaca itu sendiri, atau bahkan merupakan pengetahuan baru baginya jika memang belum pernah dirasakan atau dilalui di dunia nyata. Oleh sebab itulah, analisis latar di dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye yang terbit pada bulan Desember tahun 2013 cetakan XIII ini dianalisis. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan jenis latar yang dilukiskan pengarang lewat novel tersebut. Teknik analisis data menggunakan teknik baca dan catat dari obejek yang dianalisis yaitu berupa teks novel. Dari analisis yang dilakukan diperoleh tiga jenis latar yaitu latar tempat, latar waktu dan juga latar sosial.
PENGGUNAAN METODE DISKUSIKELOMPOK DALAM MERESENSI NOVEL “BULAN TERBELAH DILANGIT AMERIKA” Susanti, Susi
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Pengaruh Metode Diskusi Kelompok terhadap Kemampuan Meresensi Novel “Bulan Terbelah Dilangit Amerika” siswa kelas XI SMK Citra Abdi Negoro Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri atas 5 kelas. Penelitian ini adalah Metode Eksperimen. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh Metode Diskusi Kelompok  terhadap Kemampuan Meresensi Novel “Bulan Terbelah Dilangit Amerika” siswa kelas XI SMK Citra Abdi Negoro Tahun Ajaran 2016/2017. Nilai pembelajaran meresensi novel dengan menggunakan metode ceramah yaitu dengan nilai tertinggi 80, sedang 70, terendah 60 dan nilai rata-rata sebesar 67,93. Sedangkan nilai pembelajaran meresensi novel dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok lebih tinggi yaitu dengan nilai tertinggi 95, sedang 85, terendah 75 dan nilai   rata-rata sebesar  rata-rata 84,31 . Berdasarkan pengujian persyaratan analisis data diketahui data bersifat normal dan homogenitas. Kemudian dilakukan uji lanjutan untuk pengujian hipotesis yang diperoleh nilai t hitung= 10,5.
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “TERBANG” KARYA SILVARANI Vahrunnida Vahrunnida
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 8, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Terbang karya Silvarani menurut pendekatan sosiologi sastra. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian dengan menyajikan temuannya dalam bentuk deskripsi kalimat yang rinci, lengkap dan mendalam mengenai proses mengapa dan bagaimana sesuatu terjadi. Data penelitian ini yaitu data primer yang berwujud kutipan isi novel yang mengandung nilai pendidikan karakter, serta data sekunder yang berupa kajian/teori yang menjelaskan penggambaran karakter tokoh. Sumber data berupa novel Terbang karya Silvarani. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, ditemukan  33 nilai pendidikan karakter dalam novel Terbang karya Silvarani yang terdiri atas delapan belas nilai pendidikan karakter, antara lain adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang ditemukan tersebut tersirat maupun tersurat dalam penggambaran karakter tokoh Onggy Hianata Chunnardi, A Lie Ongko Wijaya, Ong Tjui Moi, Solihin, dan Kepala Sekolah SD Negeri Utama 1 Tarakan, baik melalui teknik ekspositori/langsung maupun teknik dramatik. Dari delapan belas nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kemendiknas, Puskur-Balitbang, telah berhasil ditemukan delapan belas nilai pendidikan karakter dalam novel Terbang karya Silavarani. Terdapat empat nilai pendidikan karakter dominan yaitu nilai pendidikan karakter kerja keras yang terdiri dari tiga kutipan, nilai pendidikan karakter mandiri yang terdiri dari empat kutipan, nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif yang terdiri dari tiga kutipan dan nilai pendidikan karakter peduli sosial yang terdiri dari tiga kutipan.
ANALISIS NILAI MORAL NOVELKARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA Arizal, Jepri
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini terdapat sebagian moral siswa yang   sudah rusak. Ada yang merokok, pacaran, menggunakan narkoba, pergaulan bebas dan yang paling mengerikan saat ini ialah bahaya LGBT (Lesbi, Gay, Biseksual, Transgender. Perilaku amoral tersebut sudah merusak akhlak dan religius siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai moral dalam novel karya Asma Nadia yang berjudul Pesantren Impian, Surga yang tak Dirindukan, dan Assalamualaikum Beijing. Data dalam penelitian ini  adalah data yang berwujud kata, kalimat, dan paragraf  yang mengandung nilai moral. Sumber data primer penelitian ini adalah novel. Sumber data sekunder penelitian ini berupa jurnal, biografi pengarang, buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini, dan internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, membaca, simak, catat. Hasil analisis nilai moral dalam penelitian ini adalah nilai moral yaitu suatu pandangan yang lebih mengarah kepada akhlak dan budi pekerti manusia. Implementasi hasil penelitian novel karya Asma Nadia  sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dan relevan untuk dijadikan bahan materi pembelajaran sastra. Novel tersebut mengandung unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik diimplementasikan pada siswa untuk menemukan tema, alur, tokoh, latar, sudut pandang, amanat, serta fakta cerita. Sedangkan unsur ekstrinsik diimplementasikan untuk menemukan nilai moral yang terdapat dalam novel tersebut.
THE EFFECT OF CONTEXT THROUGH APPLICATION OF COOPERATION PRINCIPLES IN CONVERSATION OF STUDENTS’ KINDERGARTEN OF EKASAKTI: PRAGMATIC ANALYSIS Eva Fitrianti Fitrianti; Lailatul Husna Husna
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 7, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Banyak siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti yang belum mampu menerapkan prinsip kerja sama dan konteks bahasa yang tepat dalam suatu komunikasi. Akibatnya, tujuan komunikasi tidak tercapai. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan pengaruh konteks yang diterapkan oleh siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode simak dan dilanjutkan dengan teknik rekam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa Taman Kanak-Kanak Ekasakti dapat menerapkan maksimal kualitas, kuantitas, relevansi, dan cara. Siswa juga melanggar beberapa maksim, yaitu maksim relevansi dan kualitas; dan (2) peran konteks yang membentuk penerapan prinsip kerja sama siswa adalah konteks langsung, termasuk setting, peserta, dan fungsi tindak tutur. Penerapan prinsip kerja sama dan peran konteks bahasa yang tepat, dapat membentuk komunikasi lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, komunikasi siswa dapat terjalin dengan baik sehingga tujuan komunikasi dapat tercapai.
TINDAK TUTUR ASERTIF PADA INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL SIMALUNGUN Putri Megawati; Rosmilan Pulungan Pulungan
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 9, No 1 (2021): April 2021
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pasar tradisional simalungun adalah salah satu pasar terbesar yang berada di wilayah Kabupaten simalungun.  Pasar ini merupakan pasar yang selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli .Tindak tutur asertif adalah sebuah tuturan yang mengikat penuturnya atas kebenaran yang diucapkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Bentuk penyajian tulisan yaitu deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode ini hasil penelitian akan dideskripsikan dan dianalisis secara khusus hanya pada tindak tutur asertifnya. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tindak tutur asertif pada interaksi jual beli di pasar tradisional simalungun.