JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF)
Vol 3, No 2 (2021): Junal Ilmiah Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi

Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Home’s Cafe Tana Tidung Kalimantan Utara)

Indriyana Septiani (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Agus Dwi Cahya (Program Studi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Deki Kurnia (Program Studi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Cut Khairunnisa (Program Studi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang dan persaingan usaha semakin tinggi membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memiliki strategi pemasaran yang baik untuk tetap dapat bersaing dengan para kompetitornya. Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk bidang usaha kuliner. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan umkm secara menyeluruh. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Home’s Café Tana Tidung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil dari analisis efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan total penjualan dalam satu tahun ini dan di jadikan acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan antar UMKM keliner.Keywords: Strategi Pemasaran; Daya Saing

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JFB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JIF menerima artikel yang akan direview oleh editor internal atau eksternal. Selanjutnya, artikel akan ditinjau oleh reviewer kami dengan keahlian di bidang Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi. ...