Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang dan persaingan usaha semakin tinggi membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memiliki strategi pemasaran yang baik untuk tetap dapat bersaing dengan para kompetitornya. Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk bidang usaha kuliner. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan umkm secara menyeluruh. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Home’s Café Tana Tidung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil dari analisis efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan total penjualan dalam satu tahun ini dan di jadikan acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan antar UMKM keliner.Keywords: Strategi Pemasaran; Daya Saing
Copyrights © 2021