Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di MTs Negeri Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pemilihan Lokasi ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di di MTs Negeri Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 20 Orang dengan komposisi perempuan berjumlah 12 orang dan laki-laki berjumlah 8 orang.Sedangkan objek penelitian adalah Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Konsep Mind Mapping pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa MTs Negeri Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran quantum learning dengan konsep mind maping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri Dalu-Dalu Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini terlihat bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 55% atau mencapai 11 orang siswa yang tuntas pada sebelum tindakan, sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 90,00% atau sekitar 18 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Keberhasilan ini disebabkan penerapan metode pembelajaran quantum learning dengan konsep mind maping yang telah dilaksanakan sesuai dengan RPP.
Copyrights © 2019