cover
Contact Name
Kaliandra Saputra Pulungan
Contact Email
kaliandrasaputra5@gmail.com
Phone
+6285295445764
Journal Mail Official
kaliandrasaputra5@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISSN : 20858663     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
Articles 196 Documents
KONSEPSI HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSFEKTIF AL-QUR’AN (Study Tafsir QS. Al-Hujurat ayat 11-13) Dwi Noviatul Zahra; Marwansyah Marwansyah; Ahmad Wahyu Hidayat
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v8i2.144

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering tejadi di Indonesia adalah pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). HAM adalah hak yang melekat pada diri manusia yang bersifat kodrati dan fundamental yang harus dilindungi, dijaga dan dihormati oleh setiap individu, masyarakat dan Negara. Islam melindungi hak setia manusia sebagaimana firman Allah didalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13. Allah tidak membedakan manusia dari suku, ras dan budaya melainkan karena ketaqwaannya. Adapun nilai pendidikan yang dapat ditanamkan oleh pendidik yang ada pada surat diatas adalah nilai HAM dan demokrasi, nilai toleransi, nilai kesetaraan dan keadilan serta nilai kesetararaan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan library recearch. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; a) Apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia (HAM), b) Bagaimana sejarah hak asasi manusia (HAM); c) Bagaimana hak asasi manusia (HAM) dalam Konteks di Indonesia; d) Bagaimana HAM konsepsi barat dan konsepsi islam; e) Bagaimana konsep hak asasi manusia (HAM) dalam QS.Al-Hujurat (49): 11-13) Bagaimana nilai pendidikan yang terdapat di Al-Qur’an yakni surat Al-Hujurat (49):  11-13.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 PEKAITAN KECAMATAN PEKAITAN KABUPATEN ROKAN HILIR Suriyah -
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam manajemen kelas di SMP Negeri 2 Pekaitan. Permasalahan yang muncul di SMP Negeri 2 Pekaitan adalah Pengaturan ruangan belajar di kelas guru belum begitu baik, kurang akrabnya guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, terkait dengan kegiatan pembelajaran, masih ditemukan perilaku siswa yang kurang kooperatif terhadap pembelajaran, sekolah belum bisa menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sebagian besar guru juga memang kurang sungguh-sungguh melakukan manajemen kelas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Pekaitan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Implementasi manajemen kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pekaitan, dengan indikator yakni merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan dan evaluasi pada pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik. faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam manajemen kelas di SMP Negeri 2 Pekaitan Faktor dari luar (Eksternal), meliputi faktor lingkungan dan faktor instrumental seperti; kurikulum, program/ bahan pengajaran, sarana dan fasilitas, serta faktor guru itu sendiri Faktor dari dalam (Internal), meliputi kondisi fisiologis dan psikologis siswa berupa minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa.
TUHAN; MANUSIA DAN PENDIDIKAN Bashori Bashori
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v4i1.13

Abstract

Manusia adalah makhluk yang memiliki berbagai potensi yang sempurna dibanding dengan makhluk lainnya. Dengan kesempurnaan itulah manusia memiliki derajat yang lebih tinggi. Komponen ruh dan jasad ditambah dengan potensi akal manusia menjadi sosok yang dipantaskan diri oleh Tuhan untuk menjadi kholifah di muka bumi. Akal yang menjadi ketidaksamaan manusia dengan makhluk lain memang secara jelas menjadi symbol nyata bahwa mereka beda dengan yang lain. Namun demikian,  dengan kelebihannya itu dalam kehidupan ini manusia dianjurkan untuk berpendidikan sebagai wadah pengembangan potensi-potensinya. Keterkaitan yang erat manusia dan pendidikan secara jelas memberikan panduan bahwa melalui hal itulah manusia akan mencari kebenaran tuhannya selain sebagai pendewasaan. Sehingga suatu keniscayaan bahwa hubungan pendidikan yang menghantarkan manusia yang sempurna akan mengenalkan dirinya sebagai makhluk yang bertuhan. Kata Kunci: Tuhan, Manusia dan Pendidikan
PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS DI MADRASAH ALIYAH FATHUL ANWAR KABUPATEN ROKAN HULU Ahmad Zamhuri
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i2.216

Abstract

Tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis di Madrasah Aliyah Fathul Anwar Kabupaten Rokan Hulu dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk deskriptif kuantitatif yakni penelitian yang menggunakan data angka dalam pengolahannya yang selanjutnya dianalisis dan ditarik sebuah kesimpulan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang ikut kegiatan rohis yakni kelas X dan XII Madrasah Aliyah Fathul Anwar Kabupaten Rokan Hulu yang dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dalam pernyataan dan wawancara. Karakter religius siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohis menunjukan siswa telah memiliki karakter religius yang baik, sebagaimana hal ini dibuktikan dari hasil penelitian menunjukan siswa sudah mencapai 80,2% dalam sehari-harinya berkarakter religius. Maka hasil ini dapat dikatakan karakter religius siswa sudah baik dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohis. Maka dari hasil tersebut dapat dinyatakan upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan karakter religius melalui kegiatan rohis sudah dinyatakan baik  dalam pelaksanaanya.
MANAJEMEN UNIT USAHA PESANTREN Muhammad Anggung
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v6i1.38

Abstract

Globalisasi menciptakan kesulitan, dan semakin mempermudah penguasa lapangan pekerjaan berfikir ekonomis. Angka pengangguran yang semakin meningkat setiap tahun menjadi fakta bahwa lulusan lembaga pendidikan kurang kompetitif. Pendidikan telah menjadi kebutuhan penting, dan di samping itu juga menjadi tanggungjawab manusia. Agar manusiap dapat mewujudkan kehidupan yang sejahtera, maka mereka (baik yang memberikan ataupun memperoleh pendidikan hendaknya memiliki pandangan serta pemahaman tentang kewiraswastaan demi tercapainya tujuan akhir pendidikan. Dengan perkataan lain, perwujudan manusia wiraswasta menunjang pencapaian tujuan Pendidikan. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam, lahir dengan kurikulum yang terintegratif antara agama dan umum. Keunggulan dalam proses pendidikan yang dinamis selama 24 jam memberikan pengaruh kuat terhadap pembentukan panca jiwa pesantren, seperti keikhlasan, kesederhanaan dan kemandiriaan. Jiwa kemandirian santri yang terbentuk menjadi potensi bagi pesantren dalam meningkatkan stabilitas ekonomi pesantren. Manajemen unit usaha pesantren mengandung arti sebagai proses pembentukan sebuah unit usaha berdasarkan potensi lembaga, sistem pengelolaan, hingga evaluasi terhadap pengelolaan unit usaha tersebut. Prinsip-prinsip dalam membangun unit usaha di pesantren adalah: (1) unit usaha bukan milik pribadi akan tetapi milik lembaga, pimpinan tidak berhak mengambil kebijakan sectoral terkait pengelolaan keuangan: (2) berfilosofikan administrasi yang baik mutlak untuk menjaga kepercayaan, harus ada laporan dan musyawarah rutin ked an oleh pimpinan terkait perkembangan unit usaha; (3) merekrut SDM yang memang ahli lapangan dan berasal dari internal lembaga sehingga komunikasi dapat berjalan lancar; (4) memperhatikan legalitas badan usaha untuk mengoptimalkan peluang yang ada; (5) membentuk tim ahli, minimal tenaga senior untuk memonitor perkembangan unit usaha.
MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Hardianto Hardianto
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v3i1.1

Abstract

Untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam, dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru seharusnya menggunakan media pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran guru akan lebih mudah mengajarkan materi pelajaran dan peserta didik lebih mudah memahami pelajaran tersebut. Karakteristik media pembelajaran Agama Islam dapat dikelompokkan menjadi media grafis, media audio dan media proyeksi diam. Berdasarkan cara mendapatkannya, media dibedakan atas media jadi dan media rancangan. Dalam memilih media perlu diperhatikan kriteria pemilihan media. Dengan penggunaan media dalam proses pembelajaran diharapkan kualitas pendidikan agama Islam menjadi lebih baik lagi.Kata Kunci : Media, Pembelajaran dan Pendidikan
HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 5 TAMBUSAI KABUPATEN ROKAN HULU Ahmad Zamhuri
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini di SMPN 5 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan presentasi, yakni penelitian yang menggunakan angka untuk memperoleh dan mangungkapkan data yang sebenarnya, selain itupenilitian ini tergolong pada penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 5 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 162. Dengan menetapkan sampel yang diambil adalah 15% dari populasi, jadi sampel berjumlah 35 orang dengan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angkaet dalam bernyataan.sedangkan teknik anaslisa data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Program SPSS.21. Hasil penelitian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh F hitung sebesar 23,329 sedangkan f tabel dengan rumus df= n-2 (35-2=33) pada taraf signifikan pada 33 di t tabel 5% yakni 3,30 sedangkan 1% yakni 5,34, maka dapat dikatakan bahwa F hitung lebih besar dibandingkan F tabel (23,329>3,30) maka Ha (hipotesa alternative) diterima dan Ho (hipotesa nol) ditolak dengan besarnya hubungan antara perhatian orang tua dan minat belajar siswa sebesar 41,4% dan selebihnya 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Dengan demikian variabel X (perhatian orang tua) berhubungan terhadap variable Y (minat belajar siswa) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu
POTRET PENDIDIKAN ISLAM DI JERMAN Bambang Supradi
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v8i1.128

Abstract

Salah satu aspek penting dalam proses kehidupan dan pengembangan diri adalah membanding. Manusia, sadar atau tidak sadar, pada dasarnya selalu melakukan penilaian terhadap dirinya dengan melihat aspek kehidupan yang sama pada orang lain. Tanpa perbandingan, proses kehidupan mungkin akan berjalan lamban, atau mungkin pula hampir-hampir tidak pernah berubah ke arah yang lebih baik.Jerman dikenal salah satu negara yang menjadi rumah bagi banyak mahasiswa internasional. Keunggulan pendidikan dan keunikan budaya menjadi salah satu faktor penarik pelajar dari berbagai negara. Di Jerman juga banyak terdapat penduduk Muslim. Oleh karena itu, dalam jurnal ini kami mencoba membahas dan menguraikan bagaimana Potret sistem pendidikan Jerman dan perkembangan pendidikan Islam di Jerman.
KEBIJAKAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BAHASA DAN SASTRA MINANGKABAU DI SD/SMP KOTA PARIAMAN SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA BASHORI BASHORI; AULIA MITHA ARDININI
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 10, No 1 (2021)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v10i1.262

Abstract

Pembelajaran muatan lokal, merupakan salah satu wujud upaya pelestarian budaya di suatu  daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan kebijakan pemerintah kota Pariaman mengenai diberlakukannya kembali muatan lokal dengan title Bahasa dan Sastra Minangkabau di tingkat SD dan SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus (case studi), dimana peneliti menjadi instrument kunci. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan muatan lokal wajib bahasa dan sastra Minang Kabau di Kota Pariaman belum sepenuhnya  terealisasi dengan baik sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku. Hal itu dapat diliat dari beberapa komponen pembelajaran yang di teliti berupa 1) Pelaksanaan muatan lokal bahasa dan sastra Minangkabau belum mencapai sesuai tujuan sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 32 tahun 2013. Selain itu, kebijakan yang masih terbilang baru karena diberlakukan pada masa pandemi 2020 sehingga pelaksanaan pembelajaran belum optimal; 2) Metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik di SD maupun SMP pada umumnya masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Namun, kedua metode ini belum mengantarkan pada tujuan kurikulum 2013 dan belum terealisasi dengan baik; dan 3) Materi pembelajaran untuk saat ini masih mengedepankan kesepakatan dari guru-guru di kota Pariaman, dan belum adanya buku pedoman terkait sumber pembelajaran serta belum terstrukturnya RPP dengan baik.
PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM A. Suradi
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v7i1.84

Abstract

Pendidikan karakter merupakan langkah penting dan strategis dalam membangun kembali jati diri individu maupun bangsa. Tetapi penting untuk segera dikemukakan bahwa pendidikan karakter harusah melibatkan semua pihak; rumahtangga dan keluarga; sekolah; dan lingkungan sekolah lebih luas (masyarakat). Karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyambung kembali hubungan dan educational network yang nyaris terputus antara ketiga lingkungan pendidikan ini. Dasar pembentukan karakter itu adalah nilai baik atau buruk. Nilai baik disimbolkan dengan nilai Malaikat dan nilai buruk disimbolkan dengan nilai Setan. Karakter manusia merupakan hasil tarik-menarik antara nilai baik dalam bentuk energy positif dan nilai buruk dalam bentuk energi negatif. Energi positif itu berupa nilai-nilai etis religius yang bersumber dari keyakinan kepada Tuhan, sedangkan energi negatif itu berupa nilai-nilai yang a-moral yang bersumber dari taghut (Setan).

Page 1 of 20 | Total Record : 196