HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol 7, No 2 (2018)

PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN (Studi Kritis terhadap Surat al-Hujarat ayat 11- 13 dalam Kitab Tafsir al-Misbah Karangan Muhammad Quraish Shihab)

Sofrianisda - (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2018

Abstract

Al-Qur’an sebagai sumber ajaran umat Islam, di dalamnya berisi petunjuk menuju ke arah kehidupan yang lebih baik, tinggal bagaimana manusia memanfaatkannya. Menanggalkan nilai-nilai yang ada di dalamnya berarti menanti datangnya masa kehancuran. Sebaliknya kembali kepada al-Qur’an berarti mendambakan ketenangan lahir dan batin, karena ajaran yang terdapat dalam al-Qur’an berisi kedamaian. Setiap ayat Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi manusia dalam kajian lebih lanjut dapat di kelompokkan menjadi ayat-ayat yang membahas hal-hal yang berkaitan tentang akidah, ibadah atau syari’ah dan akhlak. Pada penelitian ini penulis bermaksud mengkaji dan mendalami bagaimana QS. al-Hujurat ayat 11-13 menjelaskan nilai pendidikan akhlak. Di dalamnya berisi tentang larangan saling mengolok-olok kaum orang lain, menggunjing, memanggil orang lain dengan panggilan buruk, berprasangka buruk, mencari-cari kesalahan orang, dan memakan daging saudaranya  yang  telah  mati.  Dalam  penelitian  ini,  masalah  yang dikaji adalah nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung di dalam surat Al-Hujurat ayat 11-13.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

hikmah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ...