Jurnal Peduli Masyarakat
Vol 3 No 3 (2021): Jurnal Peduli Masyarakat, September 2021

Pendampingan Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif bagi Dosen Kebidanan Saat Pandemi Covid-19

Cahyaning Setyo Hutomo (Program Studi DIII Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret)
Sri Anggarini Parwatiningsih (Program Studi DIII Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret)
Fresthy Astrika Yunita (Program Studi DIII Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret)
Ropitasari Ropitasari (Program Studi DIII Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret)
M. Nur Dewi Kartikasari (Program Studi DIII Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret)
Hardiningsih Hardiningsih (Program Studi DIII Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret)
Rizka Adela Fatsena (Program Studi DIII Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret)
Anis Laela Megasari (Program Studi DIII Kebidanan, Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan masalah serius yang mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk pada dunia pendidikan. Pemerintah menghimbau agar proses pembelajaran dilakukan dengan metode daring. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan praktik nyata terkait pengembangan metode pembelajaran inovatif pada instansi mitra agar pembelajaran daring berjalan maksimal. Pengembangan metode pembelajaran inovatif sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, terutama bagi mahasiswa kebidanan. Jika dosen tidak memiliki kemampuan ini maka akan mempengaruhi kualitas proses pembelajaran yang nantinya akan berdampak pada kualitas lulusan. Disisi lain masih banyak dosen yang belum memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengembangkan metode pembelajaran inovatif. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 24-25 Juli 2021 dengan peserta 30 dosen Prodi DIII Kebidanan Universitas Kusuma Husada. Kegiatan ini diawali dengan memberikan workshop terkait metode pengembangan pembelajaran inovatif, selanjutnya dilakukan praktik langsung pengembangan pembelajaran inovatif. Hasil dari praktik pengembangan metode pembelajaran inovatif akan dilakukan evaluasi oleh fasilitator. Hasil kegiatan ini berupa peningkatan pengetahuan dan teknik terkait metode pengembangan pembelajaran inotavif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Medicine & Pharmacology Other

Description

JURNAL PEDULI MASYARAKAT merupakan jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Global Health Science Group pada volume 1 nomor 1 November 2019 dengan p-ISSN 2715-6524 dan e-ISSN 2721-9747 Jurnal ini menerima manuskrip yang berfokus pada kegiatan yang ada di masyarakat baik dalam bidang ...