Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 8, No 1 (2021): TERAMPIL

Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang

Lusi Syah Putri (Unknown)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2021

Abstract

Kedekatan matematika dengan kehidupan sehari-hari menjadikan matematika sebagai salah satu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Dalam lingkup pendidikan formal, matematika dijadikan sebagai mata pelajaran yang selalu hadir di setiap jenjang termasuk pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Salah satu bahasan matematika yang menjadi kajian pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar adalah bangun ruang yang dapat disajikan dengan tujuan memberikan pengalaman bagi siswa untuk dapat memecahkan masalah matematika dan memberikan gambaran hubungan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari melalui penyajian soal dalam bentuk cerita. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita matematika khususnya pada bahasan materi bangun ruang. Dengan mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami maka dapat dilakukan penanganan sehingga kesulitan-kesulitan yang dialami bisa diatasi. Penelitian ini merupakakan penelitian deskriptif kualitatif sesuai dengan tujuan penelitiannya yakni mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada bahasan materi bangun ruang. Subjek penelitian ini adalah 16 orang siswa kelas V di salah satu sekolah dasar yang berada di Kabupaten Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi bangun ruang. Kesulitan-kesulitan yang dialami diantaranya adalah kesulitan dalam hal membayangkan bentuk dan jaring-jaring bangun ruang, kesulitan dalam melakukan operasi perkalian serta, kesulitan dalam memahami makna redaksi soal yang disajikan dalam bentuk cerita sehingga berdampak pada kemampuan mengidentifikasi informasi yang ada pada soal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...