Serambi Tarbawi
Vol 8, No 1 (2020): Serambi Tarbawi

ASPEK SOSIAL DALAM PENDIDIKAN

Wahyu Khafidah (Universitas Serambi Mekkah)
Maryani Maryani (Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial, fitrah yang berpotensi manusia yang dibawa sejak lahir baru dapat dan bisa berkembang dalam pergaulan hidupnya, sebagaimana firman Allah QS. Al-Hujurat ayat 13. Dimensi- dimensi sosial pendidikan yang dibicarakan dalam aspek- aspek sosial pendidikan adalah: a. Aspek sosial yang ditanamkan oleh pendidikan yang berlaku di sekolah. seperti pewarisan budaya dari generasi tua ke generasi muda. pewarisan nilai-nilai seperrti: kejujuran, solidaritas, gotong royong, karena nilai-nilai itu sebagai pemersatu dalam masyarakat. b. Aspek sosial yang kedua yang mempengaruhi pendidikan adalah ciri-ciri budaya yang dominan pada kawasan-kawasan tertentu di mana sekolah-sekolah itu wujud.  c. Aspek sosial ketiga yang memainkan peranan pada pendidikan yaitu faktor-faktor organisasi, dan segi birokrasi. d. Aspek sosial keempat yang terpenting mempengaruhi pendidikan adalah sistem pendidikan itu sendiri. Ada tiga pola kegiatan sosial dalam pendidikan yaitu: (a) pola nomothetis. (b) pola idiografis. (c) pola transaksional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Serambi Tarbawi is the Journal of the Study of Thought, Research, and Development of Islamic Education – P-ISSN: 2303-2014; E-ISSN: 2723-1143. Published by the Faculty of Islamic Religion of Serambi Mekkah University. This journal is published 2 times of year (January and July). This journal is an ...