Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Sukasada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner dengan alat ukur berupa Agree–Disagree skala 1 – 10, dimana yang dipilih sebagai responden adalah pegawai Kantor Camat Sukasada sebanyak 64 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan structural (Structural Equation Modeling-SEM) berbasis Variance atau component based SEM, yang terkenal disebut Partial Least Square (PLS) version 3.0. Nilai t-tabel untuk tingkat signifikansi α =0,05 dan degree of freedom (df) = 60 adalah 1,671. Hasil penelitian menunjukan semua hubungan signifikan yaitu pengaruh profesionalisme kerja terhadap kinerja pegawai mempunyai nilai 2,296 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (2,296 > 1,671). Hasil sama juga ditunjukan pengaruh profesionalisme kerja terhadap kualitas pelayanan publik yang mempunyai nilai 2,008 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (2,008 > 1,671). Selanjutnya pengaruh struktur organisasi terhadap kinerja pegawai mempunyai nilai 2,714 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (2,714 > 1,671). Kemudian pengaruh struktur organisasi terhadap kualitas pelayanan publik mempunyai nilai 5,959 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (5,959 > 1,671). Begitu juga dengan pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik mempunyai nilai 3,944 dengan ketentuan t-statistik > t-tabel (3,944 > 1,671). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa semua faktor memberikan nilai signifikan terhadap kualitas pelayanan public di Kantor Camat Sukasada.
Copyrights © 2019