Jurnal Inspirasi Pendidikan
Vol 11 No 2 (2021): Agustus 2021

Analisis Keterampilan Berpikir Siswa dengan Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja Quellmalz

Aning Wida Yanti (Unknown)
Mu’arrifati Qodriyyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Quellmalz dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan tipe kepribadian introvert. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan desaian studi kasus. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan tes Eysenck Personality Inventory (EPI) untuk menentukan dua siswa bertipe kepribadian extrovert dan dua siswa berkepribadian introvert kelas IX G MTsN 7 Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tes. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan masalah matematika belum memenuhi kelima kategori keterampilan berpikir Quellmalz. Siswa yang berkepribadian ekstrovert memenuhi dua kategori, yaitu mengingat dan analisis. Sedangkan siswa yang berkepribadian introvert memenuhi tiga kategori, yaitu mengingat, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hal ini berarti dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kerangka kerja Quellmalz siswa yang berkepribadian introvert lebih baik daripada siswa yang berkepribadian ekstrovert.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrnspirasi

Publisher

Subject

Education

Description

The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication ...