Celebes Biodiversitas : Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi
Vol 4, No 2 (2021): Science, Conservation, Biology Education

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP MADANIA MAKASSAR

Andi Nur Veryani (Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, Jl. Inspeksi Kanal CitraLand No. 10 Makassar)
Irnayanti Bahar (Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar, Jl. Inspeksi Kanal CitraLand No. 10 Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan pendekatan kualitatif, bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Madania Makassar dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Madania Makassar yang terdiri dari 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan, dapat dilihat pada Siklus I yang masih berada pada kategori kurang, sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Kesimpulan penelitian adalah dengan menerapkan model pembelajaran Guided Teaching dapat meningkatakan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Madania Makassar.Kata Kunci: Hasil Belajar, Guided Teaching

Copyrights © 2021