Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 3, No 1 (2020): October

Al-‘Alaqah Baina Nasyathi Hifzhil Qur’an Wa Maharatil Qira’ah Al-‘Arabiyyah

A. Syahid Robbani (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Ahmad Muzayyan Haqqy (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah. Keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah tersebut ialah aktivitas menghafal Al-Qur’an memudahkan mahasiswa dalam melafalkan, menerjemahkan, dan memahami isi bacaan berbahasa Arab serta menambah kosakata bahasa Arab mahasiswa. Dengan demikian, aktivitas menghafal Al-Qur’an bisa membantu mahasiswa membaca teks berbahasa Arab dengan fasih dan benar. Begitu pula dengan kemampuan qira’ah yang baik akan memudahkan mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an dan memahami ayat Al-Qur’an.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

maharat

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic ...