Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 3, No 1 (2020): October

Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah ‘Ala Dlau al-Ithar al-Marji’I al-Urubbi al-Musytarak Li Ta’lim al-Lughat fi al-Jami’at al-Muhammadiyah Bi Indunisia: al-Furash wa al-Tahadiiyat

Nurdianto, Talqis (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2021

Abstract

Pengajaran bahasa Arab di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, baik metodologis maupun media pembelajaran. Persoalan pengajaran bahasa Arab kepada non-native speaker membutuhkan pengembangan kurikulum dan topik budaya yang sesuai, terutama dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0. Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia sangat membutuhkan perkembangan dan penyesuaian ini. Penelitian ini mencoba untuk menemukan peluang dan tantangan bagi universitas Muhammadiyah di Indonesia dalam pengajaran bahasa Arab dalam kerangka CEFR. Peneliti memilih empat universitas besar Muhammadiyah yang mengajarkan Bahasa Arab yaitu; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah (Uhamka) Jakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Penelitian deskriptif ini di samping pada wawancara dan observasi dengan dosen dan ketua program studi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang CEFR untuk pengajaran Bahasa Arab. Hasilnya, empat universitas tidak menerapkan kurikulum CEFR dalam pengajaran dan penilaian bahasa Arab karena tidak mengenalnya. Diantara tantangan yang datang dari dalam dan luar perguruan tinggi, dengan unsur-unsurnya dan dari luarnya diperlukan solusi, dan karena peluang penggunaan kerangka kurikulum adalah untuk mengetahui kompetensi bahasa Arab serta cara mengajar dan mengevaluasinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

maharat

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic ...