Nuansa Informatika
Vol 15, No 2 (2021)

ANALISIS SISTEM ANTRIAN PENDAFTARAN MENGGUNAKAN METODE QUEUING SYSTEM DI PUSKESMAS KOTA CIMAHI

Wowo Trianto (Politeknik TEDC Bandung)
Eryan Ahmad Firdaus (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI)
Bacilius Agung Suburdjati (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Kebutuhan pelayanan kesehatan di Puskesmas melebihi jumlah penyelenggaran pelayanan kesehatan di Kota Cimahi. Dengan banyaknya jenis pelayanan kesehatan masih terdapat pasien yang tidak mengetahui bagaimana sistem antrian pelayanan sehingga sering terdapat pasien yang salah mengambil nomor antrian, salah masuk poli dan tidak terpanggil dikarnakan lama tunggu yang cukup lama bagi pasien sehingga pasien dan ada juga yang telah terlewat dan harus mengulang mengambil nomor antrian. Tujuan dengan menggunakan metode ini adalah tergambarkanya model antrian yang tepat di Puskesmas. Metode penelitian menggunakan metode gabungan kualitatif dan kuatitatif. Dari penelitian diperoleh gambaran metode queing system diperoleh gambaran Model Multi Channel Mutiple Phase, dengan hasil kedatangan 50 pasien per jam dengan 2 petugas pendaftaran, dengan waktu pelayanan 1 menit per pasien. Kata Kunci  :  Antrian, pasien, prosedur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ilkom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

NUANSA INFORMATIKA is a peer-reviewed journal on Information and Technology for communication media academics, experts and practitioners of Information Technology in pouring ideas of thought in the field of Information Technology. NUANSA INFORMATIKA is a peer-reviewed journal on Information and ...