Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Vol 3, No 1 (2021): JANUARI

Literasi Digital: Perilaku dan Interaksi Sosial Masyarakat Bengkulu Terhadap Penanaman Nilai-nilai Kebhinekaan Melalui Diseminasi Media Sosial

Prio Utomo (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)
Fiki Prayogi (STKIP PGRI Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perilaku dan interaksi sosial masyarakat melalui diseminasi media sosial; (2) perilaku dan interaksi sosial masyarakat terhadap penanaman nilai-nilai kebhinekaan; dan (3) imlpementasi penanaman nilai-nilai kebhinekaan masyarakat bengkulu. Jenis penelitian menggunakan pendekatan quantitative research dengan metode penelitian survey. Penelitian dilaksanakan di Provinsi Bengkulu tahun 2020. Populasi penelitian ini masyarakat Kota Bengkulu, Kab. Mukomuko, Kepahiang dan Seluma. Sampel penelitian sebanyak 400 responden, pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner via mobile dan deep interview. Analisis data menggunakan aplikasi survey (alvara-analytic). Hasil temuan penelitian menunjukkan (1) masyarakat Bengkulu melek terhadap literasi digital dan aktif menggunakan media sosial; (2) nilai-nilai kebhinekaan yang ditanamkan masyarakat meliputi nilai toleransi dan kerukunan, keadilan dan kesetaraan, gotong royong dan tolong menolong, solidaritas dan kebersamaan, dan nilai demokrasi; (3) indeks nilai-nilai kebhinekaan masyarakat Bengkulu dalam kategori baik (82,1%), dimensi pemahaman kebhinekaan masyarakat sebesar 94,1% dan dimensi sikap kebhinekaan masyarakat sebesar 70,1%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijsse

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) memuat artikel dengan fokus penelitian dan pengkajian di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). p-issn 2655-6588 dan e-issn 2655-6278 . Jurnal ini diterbitkan oleh Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap ...