Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Vol 3, No 1 (2021): JANUARI

Kajian Masyarakat Adat Rumbio dan Relevansinya Sebagai Sumber Nilai Dalam Pembelajaran IPS

Ahmal Ahmal (Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia)
Piki Setri Pernantah (Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Permasalahan kerusakan hutan di Riau terjadi karena ulah manusia. Sikap peduli lingkungan masyarakat adat Kampar terhadap hutan larangan di Kenagarian Rumbio Provinsi Riau merupakan salah satu sumber nilai pendidikan karakter peduli lingkungan yang dapat di internalisasikan kepada peserta didik. Sumber belajar IPS ini dari budaya lokal dapat membentuk pengetahuan, sikap dan tindakan yang berupaya mencegah kerusakan hutan serta melakukan berbagai tindakan untuk pelestarian lingkungan. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai karakter peduli lingkungan masyarakat adat Kampar terhadap hutan larangan masyarakat adat Kampar dan diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan metode etnografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga hal dalam pelestarian hutan larangan masyarakat adat Kampar di Kenagarian Rumbio, yakni; 1) cara pandang terhadap hutan sebagai bagian dari kehidupan masyarakat adat; 2) peran ninik mamak dalam masyarakat adat berupa aturan dan norma, pantang larang dan mitos, dan kemudian peran anak kemenakan dalam Yayasan Pelopor, Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan dan Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis; dan 3) sistem pendidikan informal dalam membangun kesadaran ekologis terhadap hutan larangan kepada generasi muda. Kemudian, dapat diimplementasikan nilai karakter peduli lingkungan masyarakat adat Kampar terhadap hutan larangan di Kenagarian Rumbio dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan kesadaran ekologis terhadap lingkungan dan hutan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijsse

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) memuat artikel dengan fokus penelitian dan pengkajian di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). p-issn 2655-6588 dan e-issn 2655-6278 . Jurnal ini diterbitkan oleh Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap ...