Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 9 No 1 (2021): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

RESPON MAHASISWA PGSD SETELAH MENERAPKAN SELF ASSESMENT PADA PENGUASAAN MATERI PEMECAHAN MASALAH DALAM MATEMATIKA

Saeful Mizan (Prodi Pend. Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan respon mahasiswa setelah melaksanakan evaluasi berbasis self assement pada materi pemecahan masalah. Jenis Penelitian yang digunakan ialah jenis kualitatif . Teknik yang diperoleh dalam pengambilan data dilakukan secara acak dari populasi 150 mahasiswa. Peneliti mengambil sampel sebanyak 50 mahasiswa kemudian memberikan kuisioner kepada mahasiswa tersebut. Penggunaan self assement pada materi pemecahan masalah menunjukkan respon yang tinggi atau dapat dikatakan memperoleh respon yang positif . Hal ini dibuktikan pada pernyataan pertama memperoleh 87%, selanjutnya pernyataan kedua memperoleh 77%, pernyataan ketiga memperoleh 88%, dan pernyataan keempat memperoleh 94%. Jadi evaluasi sefl assement membantu mahasiswa dalam mengetahui kemampuan dan kendala yang dihadapi selama pemebelajaran serta membuat senang dalam melakukan evaluasi secara mandiri..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...