Penelitian ini bertujuan Untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal di kelas XI OTKP SMK Manajemen Penerbangan Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI OTKP SMK Manajamen Penerbangan Medan sejumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru dan siswa dan tes hasil belajar. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti alur atau tahapan yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dari penerapan model problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan kelas XI OTKP SMK Manajemen Penerbangan Medan. Penelitian ini bertujuan Untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal di kelas XI OTKP SMK Manajemen Penerbangan Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI OTKP SMK Manajamen Penerbangan Medan sejumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru dan siswa dan tes hasil belajar. Pelaksanaan penelitian ini mengikuti alur atau tahapan yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif dari penerapan model problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan kelas XI OTKP SMK Manajemen Penerbangan Medan.
Copyrights © 2022