Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 1 No 2 (2019): Ilmu Pendidikan Islam

STUDI TAFSIR KONTEMPORER: TELAAH BUKU “ ALQUR’AN KITAB SASTRA TERBESAR”

Faiz Musthofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2019

Abstract

Artikel ini merupakan telaah kritis dari sebuah buku yang berjudul “Alqur’an Kitab Sastra Terbesar” yang merupakan edisi Bahasa Indonesia dari disertasi berbahasa Jerman yang diajukan M. Nur Khalis Setiawan untuk meraih gelar doktor di Orientalisches Seminar der Rheinischen Friendrich- Wilhelms Bonn, Jerman. Judul aslinya “Akar Sejarah Metode Sastra Dalam Tradisi Islam” diterbitkan oleh Penerbit elSAQ, tahun 2005, dengan jumlah halaman 336. Melalui penedekatan historis, penulis buku ini menyimpulkan bahwa metode susastra mempunyai stadium embrional dari tafsir klasik untuk menunjukkan tesis yang dibangun al-Khuli memiliki mata rantai keterkaitan denagn pemikiran-pemikiran yang ada dalam khazanah intlektual klasik. Kelebihan buku ini terlihat dari kemampuan penulis menemukan sejumlah leteratur dalam mencari fakta historis penggunaan metode susatra dalam karya-karya ulama abad kedua dan ketiga hijriyah, walaupun disisi lain penulis tidak menampilkan pendapat para intlektual yang kontra terhadap wacana bahwa studi alqur’an bisa disejajarkan dengan teks satra lainnya. Lebih jauh, buku ini menjadi buku yang kontroversi mengingat penolakan terhadap wacana tektualitas alqur’an masih hangat diperbincangkan karena dinilai bagian dari upaya liberalisasi studi Alqur’an oleh sebagian kalngan Muslim

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tsaqafatuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Mei dan Oktober. Fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik ...