Jurnal Somasi (Sosial Humaniora Komunikasi)
Vol. 2 No. 1 (2021): Juli 2021

Pola Komunikasi Antara Guru dengan Anak Autis dalam Proses Belajar Mengajar di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai

Elvita Yenni (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Risma Sri Anisa (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai. Teori yang digunakan adalah Teori komunikasi interpersonal. Jenis penelitian yang diambil adalah deskriptif kualitatif.  Narasumber pada penelitian sebanyak 6 (enam) orang yang terdiri dari 3 (tiga) guru pengajar di SLB, 2 (dua) anak autis, serta 1 (satu) orang tua dari anak penderita autis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai berjalan cukup baik, dimana peneliti menemukan bahwa SLB-C Syauqi Day Care menggunakan komunikasi interpersonal dalam berkomunikasi secara langsung dengan anak autis juga sebagai pendekatan pertama bagi guru untuk dapat berinteraksi dengan anak autis, dan metode ABA (Applied Behavior Analysis) atau terapi ABA digunakan guru SLB-C Syauqi Day Care dalam menekankan kepatuhan atau menumbuhkan rasa patuh, mengontrol masalah perilaku  terhadap anak-anak autis, serta menumbuhkan kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Copyrights © 2021