Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 3 (2022)

Analisis Implementasi Pembelajaran Aljabar pada Anak Usia 5-6 Tahun

Febru Puji Astuti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Magelang)
Reza Edwin Sulistyaningtyas (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Magelang)
Firdha Faradhita Yogi Fardani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Magelang)
Melati Ariana (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Magelang)
Chomisah Nugraheni (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2021

Abstract

Matematika merupakan salah satu fondasi penting dalam perkembangan kemampuan akademik anak. Pembelajaran matematika pada anak tidak hanya berpusat pada angka namun lebih kepada bagaimana membangun pola berfikir anak melalui aktivitas-aktivitas yang memungkinkan anak terpapar pada ide-ide matematika baik secara sederhana maupun komplek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengimplementasian kegiatan pembelajaran aljabar pada tingkat TK B. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data. Angket digunakan untuk mendapatkan data berkaitan dengan konteks materi aljabar yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data sebagai berikut:  implementasi aljabar pada tingkat TK di kabupaten Magelang dikategorikan cukup, materi Aljabar belum semua dikuasai dan diimplementasikan oleh guru, dan faktor penghambat implementasi materi aljabar diantaranya faktor waktu yang terbatas dalam kegiatan belajar dan minimnya buku panduan materi aljabar pada TK. Dengan demikian, materi pembelajaran aljabar perlu lebih dipahami dan dikuasi oleh guru agar pembelajaran dapat lebih maksimal. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...