Journal Industrial Manufacturing
Vol 3, No 2 (2018): Journal Industrial Manufacturing

EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DAN UPAYA PERBAIKAN DENGAN METODE HIRADC (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN INJECTION MOLDING TANGERANG)

Hartono Hartono (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Tina Hernawati (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2018

Abstract

Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja sudah ada secara global maupun di Indonesia, namun pada pelaksanaannya masih banyak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, di Perusahaan Injection Molding Tangerang juga masih terdapat kecelakaan meskipun manajemen K3 sudah berjalan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di departemen Painting dan mengetahui perbaikan SMK3 di departemen Painting Perusahaan Injection Molding Tangerang. Metode yang di pakai adalah menggunakan HIRADC (Hazard Identification Risk Assesment and Determaining Control) yang terdiri dari identifikasi masalah, penilaian resiko dan pengendalian resiko. Hasil penelitian dari sembilan proses yang ada di departemen Painting, proses yang paling kecil kemungkinan resiko kecelakaannya adalah proses cleaning dan finishing dan proses dengan kemungkinan resiko paling besar adalah proses perawatan sprayboth dan setelah dilakukan perbaikan HIRADC dan perbaikan lapangan dapat diketahui pada tahun selanjutnya (2017) angka kecelakaan kerja di departemen Painting mengalami penurunan. Kata Kunci : K3, hazard identification, risk assessment, determining control.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Industrial Manufacturing merupakan jurnal ilmiah yang berfokus terhadap continuous improvement dalam dunia industri (maufaktur dan jasa). Selain itu ruang lingkup jurnal mencakup seluruh keilmuan Teknik ...