Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)

DESAIN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KONSEP PEMBAGIAN PECAHAN DI SD NEGERI 095173 SIHEMUN

Firman Pangaribuan (Universitas HKBP Nommensen)
Juli Antasari Br. Sinaga (Universitas HKBP Nommensen)
Herman (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2021

Abstract

Konsep pembagian pecahan masih merupakan konsep yang sulit bagi sebagian besar siswa. Banyak siswa SD maupun SMP belum dapat menulis dengan benar rumus pembagian pecahan  . Siswa yang dapat menulis dengan benar rumus pembagian pecahan, tidak dapat menjelaskan mengapa demikian. Siswa dapat menyelesaikan masalah pembagian pecahan yang dinyatakan dalam soal cerita dengan menggunakan rumus pembagian pecahan, tetapi tidak memahami mengapa rumus itu berlaku. Guru dalam mengajarkan konsep pembagian pecahan tidak menuntut siswa kepada pembelajaran bermakna, hanya berbekal rumus, teori dan contoh soal yang diajarkan kepada siswa. Sumber belajar (buku pegangan siswa) belum seutuhnya memfasilitasi siswa untuk memahami konsep pembagian pecahan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2020 di Sekolah SD Negeri 095173 Sihemun Kec. Dolok Pardamean Kab. Simalungun. Target kegiatan ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep pembagian pecahan dan memberikan motivasi belajar bagi siswa. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen sebagai perencana, pelaksana dan sekaligus sebagai pengajar/ tutor. Kegiatan ini juga melibatkan 2 orang mahasiswa pilihan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Metode diskusi lebih diutamakan dalam proses pembelajaran untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang tertera pada LAS yang telah di desain oleh dosen. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dan efektif dalam menuntaskan kesulitan siswa memahami konsep pembagian pecahan. Hal ini tercermin dari indikator keberhasilan siswa mencapai nilai tuntas diatas KKM sebesar 90% dan 100% siswa memberikan respon positif atas proses pembelajaran dan 85% siswa menyatakan senang atas pembelajaran menggunakan media LAS yang didesain oleh tim dosen

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jubaedah is a Journal of Community Service conducted in schools. Both Public and Private Schools and All Levels of Schools follow all Sciences. Published online 3 times a year in April, August and December. Jubaedah Journal has published both printed (book) and electronic (PDF) versions. The aim of ...