cover
Contact Name
Jaka Wijaya Kusuma
Contact Email
jakawijayak@gmail.com
Phone
+6285718831118
Journal Mail Official
jubaedahjournal@gmail.com
Editorial Address
Faculty of Teacher Training and Education Bina Bangsa University Jl. Raya Serang – Jakarta KM.3 No.1B (Pakupatan) Kota Serang Provinsi Banten Telp. (0254) 220158; Fax. (0254) 220157
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
ISSN : 27763838     EISSN : 2776382X     DOI : https://doi.org/10.46306/jub
Core Subject : Education, Social,
Jubaedah is a Journal of Community Service conducted in schools. Both Public and Private Schools and All Levels of Schools follow all Sciences. Published online 3 times a year in April, August and December. Jubaedah Journal has published both printed (book) and electronic (PDF) versions. The aim of this journal is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services in schools. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education; Science and technology; Socio-economy and business; Cultural and society and many more. Jubaedah Journal managed by Faculty of Teacher Training and Education and published by LP2M, Bina Bangsa University, Indonesia. It is at the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services.
Articles 83 Documents
STRATEGI MENJADI GURU INSPIRATIF DI MASA PANDEMI : (PKM DI TK DAN SDI AL KAUTSAR BINTARO SCHOOL) Sri Mayanty; Indra Martha Rusmana; Arfatin Nurrahmah
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.1

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Strategi Menjadi Guru Inspiratif di Masa Pandemi” ini bertujuan untuk membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, aktif, edukatif serta menyenangkan dalam pembelajaran khususnya di masa pandemi. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam menyampaikan materi pelajaran, dibutuhkan satu alternatif bagi pemberdayaan kemampuan guru sehingga para peserta didik dapat merasakan belajar dengan sesungguhnya dan penuh dengan rasa kebahagiaan. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh pengajar di SDI Al Kautsar Bintaro School. Metode pelaksaaan kegiatan ini antara lain: metode observasi, metode diskusi, dan metode simulasi. Kegiatan PKM ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara umum, kegiatan PKM berjalan seperti yang telah direncanakan dan memberikan kesan yang sangat menyenangkan, menambah wawasan dan guru-guru merasa termotivasi untuk memberikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didiknya dengan menerapkan ilmu-ilmu yang sudah dilatihkan di kegiatan ini
PEMANTAPAN DAN REFRESHING MATERI ELECTRICAL & ELECTRONIK UNTUK GURU SMK PENERBANGAN DI JAWA TENGAH DAN SEKITARNYA Sihono; Amal Fatkulloh; Riyanto Saputro; Djoko Herwanto; Nawang Kalbuana; Benny Kurnianto
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.2

Abstract

Pandangan yang komprehensif Guru terkait kompetensi sistem kelistrikan dan elektronika pesawat udara khususnya dibeberapa SMK Penerbangan Indonesia masihlah sangat minim dimiliki, padahal materi ini sangatlah penting untuk dimiliki sebagai salah kompetensi guru. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug sebagai salah satu pilar Perguruan Tinggi Kedinasan dibidang Transportasi Udara dibawah Kementerian Perhubungan memandang perlu untuk melakukan pemantapan dan refreshing untuk materi tersebut, sehingga nantinya diharapkan dengan adanya program pengabdian kepada masyarakat khususnya para guru SMK Penerbangan disekitar wilayah Kota Surakarta dan sekitarnya memperoleh updateing terkait dengan materi ajar sehingga mendapatkan pemahaman menyeluruh terkait dengan keilmuan yang terus menerus mengalami kemajuan. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan selama beberapa hari baik secara daring maupun luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh satgas Covid 19, sehingga diharapkan akan memperoleh hasil yang lebih maksimal bagi para Guru, pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berguna bagi para guru SMK Penerbangan sengan segala keterbatasan karena dilakukan pada masa pandemik Covid 19
PELATIHAN LAPORAN KEUANGAN PESANTREN DI PESANTREN DESA CIBITUNG TENGAH BOGOR Santi Susanti; Sri Zulaihati
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.5

Abstract

Pelaporan Akuntansi Pesantren menjadi penting di Desa Cibitung Tengan karena di desa tersebut terdapat lima pesantren yang masih belum mengetahui arti pentingnya laporan keuangan. Di sisi lain, laporan keuangan menjadi salah satu unsur penting dalam pengelolaan kegiatan pesantren. Kami menemukan berbagai bentuk permasalahan mitra dalam pembuatan laporan keuangan pesantren yaitu masih belum terekamnya asset pesantren dan juga tidak adanya pelaporan keuangan dari pesantren tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mencapai tujuan PKM ini adalah, peningkatan kemampuan staf keuangan pesantren dan para pengelola pesantren dalam mengelola dana pesantren serta laporan keuangannya, meningkatkan kemampuan manajerial, meningkatkan pengetahuan mitra terhadap laporan keuangan pesantren. Sehingga mempunyai   kemampuan   dan ketrampilan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan pesantren dan diharapkan dapat menunjang peningkatan akuntanbilitas pelaporan keuangan pesantren
WORKSHOP DAN SOSIALISASI PEMBUATAN BLOG SEBAGAI MEDIA KNOWLEDGE SHARING DI SMK N 1 SUMBAR Monica Fransisca; Renny Permata Saputri; Yuliawati Yunus
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.6

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan, dan dengan  menggunakan metode random sampling dipilih SMKN 1 SUMBAR sebagai tempat pelaksanaan pengabdian. Siswa yang menjadi tujuan pengabdian adalah siswa kelas X pada jurusan Teknik Komputer Jaringan. Hal ini dikarenakan siswa pada jurusan ini diasumsikan sudah awam dengan penggunaan teknologi. Materi yang disajikan pada kegiatan pengabdian adalah berkaitan dengan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk penggunaan teknologi tersebut adalah pemanfaatan media teknologi informasi, dalam hal ini yang diterapkan adalah penggunaan blog. Penerapan blog dalam pembelajaran dapat dijadikan salah satu media knowledge sharing bagi siswa. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan sosialisasi tentang penggunaan blog sebagai media knowledge sharing serta workshop pembuatan blog untuk pembelajaran. Metode yang digunakan adalah workshop dan sosialisasi pada peserta kegiatan pengabdian. Berdasarkan pada kegiatan pengabdian didapatkan hasil bahwa melalui kegiatan ini dapat membantu siswa mengembangkan softskill dalam bidang pembuatan blog yang digunakan sebagai media knowledge sharing. Kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta kemampuan untuk belajar mandiri. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan workshop dan sosialisasi pembuatan blog sebagai media knowledge sharing memberikan tambahan ilmu dan softskill bagi siswa serta meningkatkan kreativitas, kemampuan belajar mandiri, serta motivasi belajar siswa
WORKSHOP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMATIKA DI ERA PANDEMI BAGI GURU SDIT AL FALAAH SIMO Ika Oktaria Cahyaningrum; Abdillah Baraja
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.7

Abstract

Pandemi berdampak luas pada proses belajar mengajar di sekolah. Metode pembelajaran yang dituntut harus mengikuti perkembangan teknologi menjadikan permasalahan yang cukup rumit di kalangan pengajar utamnya guru. SDIT Al Falaah merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan metode Blended Learning dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi masih terkendalam dengan cara penyampaian dan metode pembelajaran yang masih dianggap kurang menarik bagi para siswa. Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, terdapat kesulitan yang ditemukan selama proses pembelajaran, oleh karena itu, diadakanlah workhop dalam rangka untuk membantu guru-guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dianggap efektif dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Dengan mengkombinasi dengan teknologi, dihasilkanlah metode pembelajaran yang efektif sekaligus kreatif agar siswa merasa tidak bosan dan jenuh dalam proses belajar nanti
RUMAH BELAJAR “TORE AJHER” SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DAN GEMAR BELAJAR SAINS SISWA DI SEKOLAH – SEKOLAH DESA ANDULANG KECAMATAN GAPURA Herowati; Lutfiana Fazad Azizah
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.8

Abstract

Kehidupan sehari-hari masyarakat di Desa Andulang sangat erat kaitannya dengan Sains. Kondisi ini menjadi suatu potensi yang dapat di kembangkan untuk mengenalkan masyarakat usia usia belajar pada kegiatan bermain dengan memanfaatkan media pembelajaran Sains sederhana disekitar lingkungan supaya tidak hanya fokus pada referensi yang diberikan sekolah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memfasilitasi akses baca (ketersediaan tempat baca atau buku), memfasilitasi tempat untuk bermain dan belajar sains yang menyenangkan dengan percobaan sederhana menggunakan barang bekas di lingkungan sekitar untuk meningkatkan gemar belajar sains. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian berlangsung dengan memfasilitasi tempat baca (Rumah Tore Ajher) dan buku bacaan yang berisi beberapa materi pada jenjang Sekolah Dasar serta memfasilitasi tempat bagi siswa untuk bermain sambil belajar di lingkungan sekitar melalui perobaan sederhana seperti pengelompokan tumbuhan, tekanan udara dan beberapa kegiatan percobaan sederhana lainnya dengan memanfatkan lingkungan sekitar. Pada kegiatan literasi siswa terlihat senang membaca dan aktif saat pelaksanaan kegiatan
PKM PENYULUHAN INTERNET SEHAT DI SMK TELKOM PEKANBARU Triono Dul Hakim; Vita Amelia; Winda Monika
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.10

Abstract

Transformasi pembelajaran dimasa pandemic Covid19 merubah pelaksanaan pendidikan dari yang biasanya berlangsung secara tatap muka atau luring menjadi bergantung pada jaringan Internet yaitu daring. Pembelajaran daring menjadikan siswa leluasa mengakses Internet kapan pun dan di mana pun. Edukasi terkait literasi teknologi dalam hal ini penggunaan Internet sehat atau tepat guna sangat penting agar dampak negatif seperti kecanduan Internet, mengakses konten pornografi, dan lain sebagainya dapat dihindari. Permasalahan umum pihak mitra ialah mitra merupakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang telekomunikasi yang focus mempelajari penerapan teknologi informasi sehingga diluar masa pandemic pun tetap bergantung menggunakan Internet sebagai fasilitas penunjang pembelajaran. Selain itu, SMK mitra memiliki siswa kategori remaja dengan rentang usia 16-18 tahun yang secara psikologis cukup rentan terpengaruh hal-hal baru. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ialah berupa penyuluhan kepada siswa terkait Internet sehat dan pengujian tingkat ketergantungan penggunaan Internet siswa. Hasil kegiatan menujukkan perubahan pemahaman yang cukup signitfikan dari cukup paham menjadi paham akan Internet sehat dan siswa semakin menyadari bahwa penggunaan Internet perlu dikontrol
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA DI SMP NOAH Agustine Dwianika; Ceicillia Novita Roseline; Meika Priscilia; Padia Aqilla Haya
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.14

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisa siswa dengan cara pikir berbasis komputer. Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Kegiatan ini merupakan perpajangan tangan dari Biro Bebras Universitas Pembangunan Jaya dalam upaya memberikan pelatihan bagi guru, sehingga nantinya dapat mahir dalam pembuatan soal bagi para siswa. Tentu dengan kecakapan adopsi berpikir komputasional yang memadai. Kami melaksanakan pelatihan bagi para guru pada Sekolah Mengah Pertama (SMP) NOAH di Jakarta. Metode pelaksanaan pelatihan ini memakai 3 cara yaitu pendahuluan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan berjalan secara daring dengan baik, dan para peserta mendapatkan pemahaman luas mengenai adopsi nilai-nilai berfikir komputasional bagi para guru sekolah tingkat menengah pertama
DESAIN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KONSEP PEMBAGIAN PECAHAN DI SD NEGERI 095173 SIHEMUN Firman Pangaribuan; Juli Antasari Br. Sinaga; Herman
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.15

Abstract

Konsep pembagian pecahan masih merupakan konsep yang sulit bagi sebagian besar siswa. Banyak siswa SD maupun SMP belum dapat menulis dengan benar rumus pembagian pecahan  . Siswa yang dapat menulis dengan benar rumus pembagian pecahan, tidak dapat menjelaskan mengapa demikian. Siswa dapat menyelesaikan masalah pembagian pecahan yang dinyatakan dalam soal cerita dengan menggunakan rumus pembagian pecahan, tetapi tidak memahami mengapa rumus itu berlaku. Guru dalam mengajarkan konsep pembagian pecahan tidak menuntut siswa kepada pembelajaran bermakna, hanya berbekal rumus, teori dan contoh soal yang diajarkan kepada siswa. Sumber belajar (buku pegangan siswa) belum seutuhnya memfasilitasi siswa untuk memahami konsep pembagian pecahan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2020 di Sekolah SD Negeri 095173 Sihemun Kec. Dolok Pardamean Kab. Simalungun. Target kegiatan ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep pembagian pecahan dan memberikan motivasi belajar bagi siswa. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen sebagai perencana, pelaksana dan sekaligus sebagai pengajar/ tutor. Kegiatan ini juga melibatkan 2 orang mahasiswa pilihan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Metode diskusi lebih diutamakan dalam proses pembelajaran untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang tertera pada LAS yang telah di desain oleh dosen. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dan efektif dalam menuntaskan kesulitan siswa memahami konsep pembagian pecahan. Hal ini tercermin dari indikator keberhasilan siswa mencapai nilai tuntas diatas KKM sebesar 90% dan 100% siswa memberikan respon positif atas proses pembelajaran dan 85% siswa menyatakan senang atas pembelajaran menggunakan media LAS yang didesain oleh tim dosen
PENGENALAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS STEM UNTUK GURU IPA DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG Indah Oktaviani; Ika Agus Rini; Mia Maria Ulfah; Ahmad Dodi Andriana
Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Jubaedah)
Publisher : LPPM Universitas Bina Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46306/jub.v1i1.16

Abstract

Meluasnya pandemi Covid-19 memaksa proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring. Hal ini menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi agar pembejaran lebih interaktif terutama pada kondisi pandemi. Akan tetapi tidak banyak guru di sekolah yang menguasi perangkat lunak sebagai media pembejaran, sehingga perlu dilakukan pelatihan dalam pemanfaatan teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Metode yang dilakukan antara lain perancangan dan persiapan yang meliputi survei terhadap kondisi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Hasil survei awal menunjukkan bahwa guru IPA masih sangat terbatas dalam memanfaatkan metode pembelajaran dengan perangkat lunak interaktif, sehingga dilakukan pelatihan dengan modul yang sudah disediakan dan perangkat lunak yang dapat mewakili pembelajaran IPA berbasis STEM dengan penggunaan Nearpod dan Laboratorium virtual simulasi PhET. Hasil Pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kreatifitas guru IPA dalam proses pembelajaran daring