PENCERAHAN
Vol. 13 No. 2 (2019): PENCERAHAN

TRANSFORMASI MADRASAH MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN MODERN MASA ORDE BARU

Basri (Insitute Agama Islam Negeri Langsa)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Dengan kemajuan pemikiran para cendikiawan Islam, maka madrasah mengalami transformasi baik dari kelembagaan maupun sistem pendidikan, transformasi madrasah sangat siqnifikan terjadi pada masa orde baru. Transformasi itu nampak dalam tiga (3) hal, yakni: (a) sistem kelambagaan madrasah berubah menajdi sistem perjenjangan dan klasikal; (b) perpaduan kurikulum antara materi umum dan materi keagamaan; dan (c) bervariasinya model-model kelembagaan madrasah dengan ciri dan karakteristik yang khusus. Akibat transformasi ini menjadikan serta memposisikan madrasah sejajar dengan lembaga pendidikan lain di Indonesia. Dengan demikian madrasah memiliki peran strategis bagi peningkatan kualitas pendidikan Islam yang memiliki warna tersendiri dari lembaga pendidikan lainnya di Indonesia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan Cakupan Pencerahan adalah jurnal double-blind peer review yang mempublikasikan artikel ilmiah yang terkait dengan semua aspek tentang pendidikan di Indonesia dan negara-negara berkembang. Pencerahan menganjurkan para dosen, guru, dan praktisi pendidikan lainnya untuk mempublikasikan hasil ...