PENCERAHAN
Vol. 14 No. 1 (2020): PENCERAHAN

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MIN 40 ACEH BESAR

Azmar Al-Kautsar (UIN Ar-Raniry)
Misbahul Jannah (UIN Ar-Raniry)
Saifullah (UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan model CIRC pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas V MIN 40 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental Designs dengan rancangan One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 40 Aceh Besar yang berjumlah 23 orang. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan sampling jenuhkarena dilakukan bila jumlah populasi relative kecil, kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian ini adalah soal tes dan dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwat hitung> t tabel (2.84 > 1.717), sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V MIN 40 Aceh Besar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan Cakupan Pencerahan adalah jurnal double-blind peer review yang mempublikasikan artikel ilmiah yang terkait dengan semua aspek tentang pendidikan di Indonesia dan negara-negara berkembang. Pencerahan menganjurkan para dosen, guru, dan praktisi pendidikan lainnya untuk mempublikasikan hasil ...