Economic Education Analysis Journal
Vol 8 No 3 (2019): Economics Education Analysis Journal

Pengaruh Tiga Dimensi Kecerdasan dan Locus Of Control Terhadap Perilaku

Suryaningsih, Devi (Unknown)
Wahyudin, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku etis mahasiswa dengan dimoderasi oleh locus of control. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2015, 2016, dan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 361 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling random stratifikasi dan diperoleh jumlah sampel penelitian berjumlah 190 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis inferensial yang didalamnya terdapat uji asumsi klasik, teknik analisis regresi moderasi, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Setelah dilakukan analisis data, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa. (2) kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa. (3) kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa. (4) locus of control memoderasi secara signifikan pengaruh kecerdasan intelektual terhadap perilaku etis mahasiswa. (5) locus of control tidak memoderasi secara signifikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku etis mahasiswa. (6) locus of control tidak memoderasi secara signifikan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku etis mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eeaj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Manuscripts for Economic Education Analysis Journal should fall within one of the following categories: Research in economics education: Original theoretical and empirical studies dealing with the analysis and evaluation of teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. ...