Jurnal Minda
Vol 1 No 2 (2020): Minda Karimun

Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Melalui KKG Mini

Fatchur Rozi (Unknown)
Prima Vidya Asteria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru SDN Sambibulu Sidoarjo dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis literasi melalui KKG mini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN Sambibulu Sidoarjo. Jumlah subjek penelitian sebanyak 15 guru. Sebagai triangulasi, peneliti memanfaatkan pengelola kepala sekolah dan pengawas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2019. Berdasarkan hasil analisis, rancangan KKG mini yang disusun mencakup dua siklus dengan masing-masing empat tahap (Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi, dan Refleksi). Berdasarkan hasil pada siklus I, pelaksanaan KKG Mini dan narasumber termasuk kategori sangat baik (93,75%). Namun, evaluasi untuk guru dalam pembuatan media pengembangan media pembelajaran berbasis literasi belum tuntas. Dari 15 orang guru, 60% kategori B (baik), 6.7 ketegori C (cukup), dan 33.3% (lima guru) mendapatkan nilai dibawah 55 dengan kategori D (kurang). Selanjutnya, dilakukan Siklus II dengan strategi pendampingan oleh peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat. Pendampingan dilakukan dari tahan awal sampai tahan akhir. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan pada evaluasi siklus II, lima orang guru memperoleh nilai diatas 71 dengan kategori B (baik). Hal ini menunjukkan semua peserta KKG Mini telah mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis literasi melalui KKG Mini. Kata kunci: media pembelajaran, literasi, KKG mini

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mindafkip

Publisher

Subject

Education

Description

skop Jurnal MINDA yaitu Dunia Pendidikan Umum dan Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal MINDA diterbitkan 2 kali dalam setahun (Oktober dan ...