JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan
Vol 14, No 2 (2021): JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA SMK BATIK 2 SURAKARTA

Tsaqofatun Fani Dzahabiyah (Unknown)
Basori Basori (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Dwi Maryono (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Model Pembelajaran tutor sebaya merupakan model yang mana dalam proses pembelajarannya setiap peserta didik dipasangkan dengan peserta didik lain yang berperan sebagai tutor. Sedangkan model pembelajaran PBL merupakan model pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning) yang digunakan di SMK Batik 2 Surakarta. SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini digunakan untuk membandingkan penggunaan tutor sebaya dan PBL. Sehingaa penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan metode eksperimen semu atau quasi experimental dan model desain yang akan digunakan adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Pengujian pada penelitian ini menggunakan 2 uji yaitu uji t dan uji gain ternormalisasi yang hasilnya adalah  1) ada pengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik antara penggunaan model pembelajaran tutor sebaya dan PBL yang dibuktikan dengan uji t posttest dengan hasil Thitung > Ttabel, yakni 3,392 > 2,023. 2) Penggunaan model pembelajaran belajar tutor sebaya lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran PBL yang dibuktikan dengan uji gain ternormalisasi yang mana dari perhitungan tersebut didapatkan kelas eksperimen memperoleh skor 0,521 yang masuk dalam kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh skor 0,203 yang masuk dalam kategori rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Engineering Mechanical Engineering

Description

JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan is a scientific publication that intended to facilitate articles and scholarly writings of empirical research in the field of Vocational and Engineering Education. JIPTEK is open for academia, students, researchers, and practitioners who aim to ...