Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2021)

Moral Lingkungan Alam pada Dongeng dari Yunani The Peasant And The Apple Tree Melalui Pendekatan Ekokritik

Nur Amalia (Unknown)
Nawawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Salah satu aspek moral yang perlu diperkenalkan pada anak usia dini adalah sikap moral terhadap lingkungan yang dideskripsikan sebagai sebuah evolusi alamiah dalam dunia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kritik ekologi dalam dongeng Yunani The Peasant and The Apple Tree melalui pendekatan ekokritik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan untuk menganilisa data adalah pendekatan ekokritik. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil analisa dan pembehasan menunjukkan bahwa manusia adalah bagian dari lingkungan oleh karena itu manusia harus mengerti moral linkungan hidup dan harus mempunyai kesadaran akan pentingnya kesadaran ekologi, manusia harus mencintai lingkungan alam. Moral lingkungan hidup yang harus dipahami dan ditanamkan pada anak-anak adalah lingkungan yang berkaitan dengan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, refleksi masyarakat tentang lingkungan alam, mencintai kearifan alam ekologi, dengan pemberian hak hidup bagi mahluk hidup lainnya, penghormatan pada alam, pada makhluk kecil dan tidak berdaya dengan menggunakan unsur alam, adanya mekanisme pengendalian perilaku masyarakat agar menghormati mahluk ekologis lainnya, dan menciptakan sistem pertanian yang sesuai dengan lingkungan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...